Pertandingan Afsel vs Senegal diulang karena Wasit terlibat pengaturan skor

id fifa, pengaturan skor, sepak bola gajah, kualifikasi, Piala Dunia

Pertandingan Afsel vs Senegal diulang karena Wasit terlibat pengaturan skor

FIFA. (Antarasumsel.com/REUTERS/Arnd Wiegmann)

Paris (ANTARA Sumsel) – FIFA pada Rabu (6/9) waktu setempat memerintahkan laga kualifikasi Piala Dunia antara Afrika Selatan (Afsel) melawan Senegal digelar ulang menyusul wasit yang memimpin laga tersebut dihukum atas perkara pengaturan pertandingan.

Laga pada November 2016 yang akan diulang November tahun ini, itu dimenangi oleh Afrika Selatan dengan skor 2-1 setelah wasit asal Ghana Joseph Lamptey memberikan penalti kontroversial.

Lamptey pada awalnya diskors selama tiga bulan oleh CAF (Federasi Sepak Bola Afrika) karena memberikan hukuman handball "yang sebenarnya tidak ada," dan FIFA menjatuhkan larangan seumur hidup untuk wasit itu pada Maret.

Berita tentang pertandingan ulang tersebut akan memacu semangat Senegal yang berada di posisi ketiga, satu poin di belakang Cape Verde dan Burkina Faso di Grup D zona Afrika, dengan dua laga tersisa.

Hanya juara grup yang mendapatkan tiket lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

FIFA menjelaskan keputusan mengulang laga tersebut setelah CAF mengonfirmasi "larangan seumur hidup dari wasit pertandingan, Joseph Lamptey, atas memanipulasi laga, keputusan yang diberlakukan oleh Komite Disiplin dan Banding FIFA."

"Pertandingan akan diulang pada jeda internasional November 2017, tanggal pasti akan dikonfirmasi pada waktunya," lanjut pernyataan itu, demikian AFP.(Alviansyah Pasaribu)