Rabu, 20 September 2017

Tips foto BNW dengan ponsel

id foto hitam putih, kamera ganda, fitur, lensa normal, ponsel, hp
Tips foto BNW dengan ponsel
Ilustrasi (Antarasumsel.com/ist/17)
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Ponsel keluaran terbaru menggadang-gadang kamera ganda sebagai fitur unggulan mereka, dengan komposisi bermacam-macam.

Beberapa ponsel menawarkan komposisi lensa normal dan luas, normal dan tele, luas dan tele serta lensa RGB dengan monokrom.

Pada komposisi lensa terakhir, RGB (Red Green Blue) berfungsi penting untuk meningkatkan penyerapan warna, kejernihan cahaya serta mereduksi noise, seperti yang dikutip dari siaran pers Coolpad.

Lensa monokrom menghasilkan rincian dan menyerap lebih banyak cahaya dari lensa RGB dalam kondisi minim cahaya.

Berikut ini adalah cara membuat foto hitam-putih (black and white, atau populer dengan BNW di media sosial) dengan ponsel.

1. Bayangkan hasil
Sebelum memotret  foto  monokrom, bayangkan seperti   apa gambar yang akan dihasilkan. Fokuskan pada   bentuk,   garis   dan   bayangan   dari hamparan pemandangan yang ingin dipotret.

2. Komposisi kontras
Foto monokrom terdiri dari tiga warna, yaitu hitam, putih dan abu-abu. Kontraskan warna hitam di atas putih agar menarik secara visual dan memberikan makna yang lebih dalam. Perhatikan area berbayang untuk menentukan bentuk dan sosok, juga garis penuntun.

3. Fokus pada bentuk dan tekstur
Bayangan dapat menjadi penentu bentuk. Jika area bayangan tidak mencukupi, tambahkan lampu flash. Cahaya dari samping akan memunculkan tekstur dari posisi jatuhnya bayangan. Hindari cahaya dari depan karena akan mengaburkan bayangan.

Bermain pada tekstur, seperti daun, awan, dan kayu akan membuat hasil foto BNW yang menarik.

4. Perbanyak latihan
Keahlian melihat kondisi yang layak untuk dijadikan foto BNW dapat diasah dengan latihan.

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga