Minggu, 24 September 2017

Polda Sumsel siap amankan seluruh tahapan pilkada

id pilkada, polda susmel, kapolda, pengamanan, tahapan pilkada, pesta demokrasi rakyat
Polda Sumsel siap amankan seluruh tahapan pilkada
Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs.Zulkarnain. (Foto Antarasumsel.com/17/Yudi Abdullah)
Hal-hal yang diperkirakan dapat menghambat dan mengganggu persiapan pilkada 2018 mulai diantisipasi sehingga tidak berkembang menjadi ancaman gangguan Kamtibmas...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Kepolsian Daerah Sumatera Selatan siap mengamankan seluruh tahapan pemilihan kepala daerah di sembilan kabupaten dan kota serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada 2018.

"Tahapan pilkada yang dimulai Oktober 2017 menjadi salah satu fokus perhatian dalam pelaksanaan tugas kepolisian di wilayah provinsi ini sehingga pesta demokrasi rakyat itu bisa berjalan sukses sesuai dengan harapan bersama," kata Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain, di Palembang, Kamis.

Menurut dia, hal-hal yang diperkirakan dapat menghambat dan mengganggu persiapan pilkada 2018 mulai diantisipasi sehingga tidak berkembang menjadi ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Tahapan pilkada dimulai Oktober 2017 dengan kegiatan pemutakhiran data pemilih oleh KPU, kemudian Desember proses pendaftaran pasangan calon, dan Januari 2018 penetapan pasangan calon.

Selanjutnya pada Februari-Juni 2018 tahapan kampanye pasangan calon, 24-26 Juni masa tenang dan pembersihan alat peraga, dan puncaknya pada 27 Juni 2018 pemungutan suara.

Untuk mencegah timbulnya gangguan kamtibmas dalam setiap tahapan itu, selain meningkatkan kesiapsiagaan personel Polda Sumsel dan 17 satuan wilayah, pihaknya mengharapkan dukungan dari semua pihak dan lapisan masyarakat, katanya.

Dia menjelaskan, pilkada merupakan pesta demokrasi rakyat untuk memilih pemimpin terbaik sesuai harapan masyarakat.

Pesta demokrasi rakyat itu akan diamankan secara maksimal sehingga tidak terjadi gangguan kamtibmas yang dapat mengganggu proses persiapan dan pelaksanaan pilkada, hingga pelantikan pasangan kepala daerah terpilih, kata kapolda.

Editor: Yudi Abdullah

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga