Pemecatan kader Golkar jadi perhatian kalangan eksternal

id golkar, Ahmad Doli Kurnia, Andrianto Sip, Advokat Muda Indonesi, partai

Pemecatan kader Golkar jadi perhatian kalangan eksternal

Partai Golkar (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Pemecatan kader Golkar Ahmad Doli Kurnia, karena menyuarakan gerakan Golkar Bersih dan antikorupsi di internal Golkar, menjadi perhatian kalangan eksternal partai beringin.

Sebelumnya Organisasi Advokat Indonesia (OAI) dan Persatuan Advokat Muda Indonesia menyatakan akan memberikan bantuan hukum kepada Ahmad Doli Kurnia karena menganggap Doli sebagai korban kesewenangan partai politik. Kini organisasi kemasyarakatan Pro Demokrasi (ProDem) turut memberikan pandangannya.

"Bagi kami penggiat demokrasi yang menginginkan agar partai politik dapat tumbuh dan berkembang dalam nilai, kaidah, dan tradisi demokrasi yang sesungguhnya, pemecatan saudara Ahmad Doli Kurnia adalah sesuatu yang kontraproduktif," ujar Sekjen ProDem Andrianto Sip melalui keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat.

Andrianto mengatakan tidak bisa dipungkiri polemik pemecatan Doli Kurnia sebagai anggota Partai Golkar telah mengambil perhatian publik.

Sebab pemecatan itu dilakukan karena Doli dan kawan-kawannya yang tergabung dalam Gerakan Muda Partai Golkar sedang giat-giatnya melakukan perlawanan terhadap korupsi.  

"Mereka tidak menginginkan praktik korupsi. Sepertinya Golkar lebih tepat disebut sedang kembali ke masa silam, ketimbang sedang menegakkan demokrasi berkeadilan," ujar Andrianto.

Andrianto meminta Doli dan rekan-rekannya tidak berhenti menyuarakan antikorupsi di tubuh Golkar. ProDem menurut dia, akan selalu mendukung gerakan-gerakan yang bertujuan menegakkan demokrasi dan menyuarakan pemberantasan korupsi.