Rabu, 20 September 2017

Pemkab catat 2.297 pelaku usaha

id Ukm, data, tercatat, pmkab, oku
Pemkab catat 2.297 pelaku usaha
Dokumentasi salah satu stan UKM di Sumsel Expo. (Antarasumsel.com/Fenny Selly/15)
Baturaja (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mencatat sebanyak 2.297 pelaku usaha di wilayah itu yang terdata di Badan Pusat Statistik wilayah setempat.

"Berdasarkan data yang ada pada kami sebanyak 2.297 pelaku usaha di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU)," kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) OKU, Budi Riyanto didampingi Seksi Penanggung Jawab Statistik, Deki Zulkarnain di Baturaja, Jumat.

Jumlah tersebut, kata dia, terdiri atas 2.018 Usaha Mikro Kecil (UMK) dan sebanyak 279 Usaha Menengah Besar (UMB) yang diperoleh oleh pihaknya pada pendataan sensus ekonomi 2016.

Menurut dia, saat ini pihaknya sedang melakukan sensus ekonomi lajutan dari pendataan sebelumnya berlangsung sejak bulan lalu pada 1 Agustus hingga 30 September 2017.

"Sensus lanjutan ini merupakan pengembangan data secara lebih rinci dari sensus ekonomi 2016. Selain itu indikatornya juga lebih terarah untuk pembangunan serta dapat digunakan sebagi bahan estimasi," jelasnya.

Selain itu, pendataan yang dilakukan melibatkan 55 orang petugas dari kelurahan/desa, mahasiswa dan masyarakat memenuhi kriteria ikut terlibat dalam pendataan untuk disebar ke seluruh kecamatan di OKU.

"Tapi diutamakan petugas yang telah mengikuti listing ekonomi pada 2016," ungkapnya.

Menurut dia, sensus kali ini bertujuan untuk melihat karakteristik pelaku UMK dan UMB sekaligus menggali lebih dalam mengenai tenaga kerja, omset, modal dan biaya operasional dari usaha tersebut.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga