Gubernur: Pemerintahan kuat bila Sekda berkualitas

id Gubernus, sumsel, sekda,alex noerdin, pemerintahan

Gubernur: Pemerintahan kuat bila Sekda berkualitas

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin (Foto Antarasumsel.com/13/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, kinerja dan pelayanan pemerintah daerah akan semakin kuat dan maju bila didukung Pejabat Sekretaris Daerah yang berkualitas.

Sebab Sekda menjadi penggerak birokrasi dalam pemerintahan, kata gubernur saat Rapat Kerja Nasional Implementasi Reformasi Birokrasi bagi Sekda di Palembang, Jumat.

"Jadi boleh dikatakan Sekda sebagai motor penggerak birokrasi dalam pemerintahan," kata dia.

Oleh karena itu rapat kerja nasional itu penting dilaksanakan untuk kemajuan daerah. Apalagi dalam petemuan Sekda seluruh Indonesia tersebut akan dibahas aturan dalam meningkatkan kinerja, kata dia.

Dia mengatakan, dalam pertemuan tersebut juga perlu dibahas mengenai jabatan Sekda.

Hal ini karena Sekda sebagai pejabat eselon tertinggi di daerah dan bila tidak menjabat lagi akan kemana posisinya perlu diatur dalam sebuah keputusan, ujar dia.

Oleh karena itu pertemuan sekarang ini amat penting terutama dalam meningkatkan pembangunan dan pelayanan aparat birokrasi.

Sementara Sekda Sumsel Nasrun Umar selaku panitia rapat kerja nasional mengatakan, melalui rapat kerja nasional ini akan dibahas dan diambil kesepakatan tentang pembuatan formula untuk diajukan kepada pemerintah pusat.

Hal ini dilakukan agar kelembagaan Sekda semakin kuat karena pejabat tidak diperbolehkan masuk pada ranah politik, tambah dia.