Pos PTM permudah akses berobat masyarakat

id pos, ptm, berobat, puskemas, rumah sakit, pelayanan kesehatan

Pos PTM permudah akses berobat masyarakat

Pelayanan kesehatan masyarakat (Antarasumsel.com/Feny Selly17)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Pembentukan Pos Bindu Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular oleh Puskesmas Lubuk Raja Batumarta Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan untuk mempermudah akses berobat masyarakat di wilayah itu hingga ke pelosok desa.

"Pembentukan Pos Bindu Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (PTM) di Desa Batumarta unit I diharapkan dapat mempermudah akses berobat masyarakat yang jauh dari kota," kata Camat Lubuk Raja Ogan Komering Ulu (OKU), Monang di Baturaja, Jumat.

Dikatakan, pembentukan Pos Bindu PTM bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan masyarakat yang berada cukup jauh dari puskesmas.

"Masyarakat yang ingin berobat atau memeriksa kesehatannya tidak perlu lagi ke puskesmas karena Pos Bindu akan dibuka setiap bulan di balai desa," katanya.

Pos Bindu merupakan tempat tindakan awal pencegahan penyakit termasuk yang tidak menular seperti diakibatkan oleh merokok, alkohol, tekanan darah tinggi, peningkatan kadar gula darah dan pola makan tidak sehat.

"Sasaran Pos Bindu tidak hanya untuk orang sakit saja, yang sehat namun berisiko terkena peneyakit mulai dari usia 15 tahun juga akan mendapat pelayanan kesehatan," katanya.

Tugas Pos Bindu itu sendiri, kata dia, mengidentifikasi faktor risiko penyakit tidak menular termasuk memantau kesehatan masyarakat yang berobat.

"Saya harapkan masyarakat dapat memanfaatkan keberadaan Pos Bindu PTM ini," ujarnya.