Warga Mukomuko resah karena kerbau dilepasliarkan

id kerbau, dilepas, Mukomuko, berkeliaran, penertiban, jalan raya

Warga Mukomuko resah karena kerbau dilepasliarkan

Ilustrasi- Sejumlah kerbau saat mencari makan . (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Mukomuko (ANTARA Sumsel) - Warga Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, meminta pemerintah daerah setempat menertibkan kerbau yang dilepasliarkan oleh pemiliknya di jalan raya dan fasilitas umum di daerah itu.

"Setiap hari banyak gerombolan kerbau yang dilepasliarkan di bundara depan Kantor Camat Kota Mukomuko. Kami minta pemerintah daerah melalui Satpol PP menertibkannya," kata warga Kecamatan Kota Mukomuko, Erni di Mukomuko, Sabtu.

Ia mengatakan, kerbau yang dilepasliarkan di bundaran dalam Kecamatan Kota Mukomuko tersebut tidak hanya mengganggu pemandangan, tetapi juga merusak rumput di bundaran itu.

Ia menyatakan, lokasi lahan dalam bundaran yang tergenang air hujan sekarang semakin rusak oleh gerombolan kerbau besar dan kecil yang mencari makan di lokasi tersebut.

Selain itu, katanya, keberadaan gerombolan kerbau di lokasi tersebut membahayakan pengendara sepeda motor dan mobil yang melintas di Jalan Lintas Sumatera dekat bundaran tersebut.

Warga Desa Ujung Padang Seno mengeluhkan banyaknya kotoran kerbau yang berserakan di Jalan Lintas Sumatera di daerah itu. Selain itu kotoran kerbau tersebut mengeluarkan  bau busuk.

"Kotoran kerbau di jalan itu sangat busuk," ujarnya.

Dia meminta pemerintah daerah setempat bertindak tegas dalam menerapkan peraturan tentang larangan melepasliarkan hewan ternak di jalan raya dan fasilitas umum di daerah itu.