Jamaah haji Sumsel meninggal di Arab Saudi bertambah

id haji, jamaah haji, meninggal, embarkasi palembang

Jamaah haji Sumsel meninggal di Arab Saudi bertambah

Ilustrasi (Ist)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Jamaah haji dari embarkasi Palembang yang meninggal di Arab Saudi saat ini bertambah dari depan orang menjadi 12 orang.

"Sebelumnya ada delapan orang meninggal dan pada Senin (11/9) bertambah empat orang lagi sehingga berjumlah 12 orang," kata Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Palembang Saefudin, Selasa.

Menurut dia, empat orang jamaah Sumatera Selatan yang meninggal itu yakni Soib S (67) dan Solihan (53) berasal Kabupaten Musi Rawas, Sadio Minto Wiro (65) Kabupaten Musi Banyuasin, dan Siti Asrabithah (57) dari Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Para jamaah yang meninggal itu karena sakit dan usia uzur. Mereka  sudah dimakamkan di Mekkah.

Menurut dia, memang jamaah haji Sumsel banyak memiliki risiko tinggi baik tua maupun rentan sakit.

"Bukan itu saja tetapi  jamaah Sumsel ada juga menggunakan kursi roda dalam menunaikan rukun Islam kelima di Arab Saudi itu," ujar dia.

Para jamaah haji embarkasi Palembang itu direncanakan pulang ke Sumsel pertengahan September 2017.

Oleh karena itu pihaknya telah mempersiapkan diri menyambut kedatangan jamaah tersebut.

Untuk kuota embarkasi Palembang pada 2017 tercatat 8.199 orang, yang merupakan gabungan dari Sumsel 7.035 orang dan Bangka Belitung 1.069 orang, termasuk 95 orang petugas.

Namun, lanjut dia, terakhir pemberangkatan dari kuota yang diberikan itu ada 13 kuota yang tidak terpenuhi.

Hal ini dikarenakan adanya jamaah yang batal seperti meninggal dunia sebelum masuk embarkasi, hamil, mengidap penyakit tertentu yang dianggap tidak memenuhi syarat dalam beribadah haji.