Sabtu, 23 September 2017

Dinkes akan bagikan obat pencegahan kaki gajah

id Dinas Kesehatan, penyakit, kaki gajah, pencegahan, nyamuk, obat, Suharmasto
Dinkes akan bagikan obat pencegahan kaki gajah
Dokumentasi- Para petugas sedang memberikan obat penyakit kaki gajah kepada warga usai pencanangan pengobatan massal penyakit kaki gajah (Filariasis). (ANTARA/Edi Suhaedi)
Baturaja (ANTARA Sumsel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan akan mendatangi rumah warga di wilayah itu guna membagikan obat pencegahan penyakit kaki gajah.

"Rencananya kami akan mendatangi langsung rumah warga untuk memberikan obat pencegahan penyakit kaki gajah," kata Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu (Dinkes OKU), Suharmasto melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Andi Prapto di Baturaja, Rabu.

Dikatakan Andi, mendatangi rumah warga tersebut khusus bagi yang belum menerima pembagian obat pencegahan penyakit kaki gajah akan dilakukan secara serentak oleh Dinkes OKU.

"Pembagian obat dilakukan secara serentak pada 4 Oktober mendatang," katanya.

Pada pelaksanaannya nanti, kata dia, masyarakat langsung mendatangi pos pembagian obat pencegahan penyakit kaki gajah yang telah dibentuk oleh puskesmas di seluruh kecamatan wilayah setempat.

"Ada dua jenis obat berbentuk pil yang akan dibagikan yaitu albentazole dan diethylcarbamazinebat diperuntukan bagi masyarakat berumur 2-70 tahun," jelasnya.

Andi menjelaskan, pemberian obat pencegahan masal untuk penyakit kaki gajah atau filariasis bertujuan untuk mengeliminasi dan mencegah penularannya.

"Sejauh ini belum terdata masyarakat OKU yang menderita penyakit kaki gajah, namun di kabupaten tetangga yaitu OKU Timur diketahui sudah ada, jadi upaya akan dilakukan untuk pencegahan penularannya," ujarnya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga