Tiga dalang cilik pentaskan wayang kulit

id dalang, wayang kulit, Pakeliran Padat, Catur Sinatria, Rizky Widia Fatturohman

Tiga dalang cilik pentaskan wayang kulit

Dalang Cilik. (ANTARA)

Purwokerto (ANTARA Sumsel) - Sebanyak tiga dalang cilik berkesempatan mementaskan wayang kulit dalam ajang Pagelaran Pakeliran Padat yang diselenggarakan oleh Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) Purwokerto, Jawa Tengah.

Tiga dalang yang tampil dalam Pagelaran Pakeliran Padat di halaman Kantor LPP RRI Purwokerto, Kamis terdiri atas Catur Sinatria, siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Kediri, Kecamatan Karanglewas, Kabupatren Banyumas, dengan lakon Jabang Tetuko.

Selain itu, Rizky Widia Fatturohman, siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Purbalingga, dengan lakon Ampak Ampak Wiroto, dan Jalitheng Bagus Sasongko, asal Cilacap yang bersekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Banyumas dengan lakon Anoman Duta.

Saat ditemui usai pementasan, Catur Sinatria (7) mengaku baru enam bulan belajar mendalang.

"Diajari ayah. Ini pementasan ketiga," kata dia yang didampingi ayahandanya, Wahyudi, dan ibundanya, Emi Rakis.

Dalam hal ini, kata dia, ayahandanya mengajar cara menggerakkan wayang dan dialog.

Kendati susah dalam mempelajari pewayangan, dia mengaku senang dengan wayang dan bercita-cita menjadi seorang dalang.

Sementara itu, Wahyudi mengatakan pada awalnya Catur Sinatria belajar memainkan wayang sendiri.

"Namun akhirnya saya ajari dia," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala LPP RRI Purwokerto Budi Ningrum mengatakan pergelaran wayang dengan dalang anak-anak dan remaja ditujukan untuk memberdayakan generasi muda di bidang budaya.

Selain itu, kata dia, untuk mengembangkan bakat di bidang budaya.

"Pakeliran padat ini kami gelar dalam rangka Hari Radio Ke-72. Di dalam Hari Radio itu sendiri mengambil tema Bersama dalam Keberagaman, bahwa Indonesia itu terdiri beragam suku bangsa, budaya, adat istiadat, keyakinan, dan aliran kepercayaan," kata dia yang juga istri Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN Antara Sutrimo.

Oleh karena itu, kata dia, RRI selalu menyajikan program-program acara yang ditujukan untuk menjaga keutuhan Bangsa dan Negara Indonesia.