YLK Sumsel minta pelayanan bandara SMB ditingkatkan

id bandara, bandara smb ii palembang, bandara palembang, angkasa pura, pesawat, pelayanan bandara

YLK Sumsel minta pelayanan bandara SMB ditingkatkan

Ilustrasi - Penumpang pesawat menanti keberangkatan di salah satu sudut Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

...Sekarang ini pelayanan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang sudah cukup baik, namun masih perlu dilakukan pembenahan...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Yayasan Lembaga Konsumen Sumatera Selatan meminta pengelola Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang meningkatkan pelayanan sesuai dengan kebijakan "ASEAN Open Sky" yang diterapkan sejak 2015.

"Sekarang ini pelayanan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang sudah cukup baik, namun masih perlu dilakukan pembenahan seperti peningkatan keamanan bagasi serta kenyamanan penumpang," kata Ketua Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) Sumatera Selatan Hibzon Firdaus di Palembang, Kamis.

Menurut dia, pelayanan bandara di kota yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 itu harus benar-benar baik dan sesuai dengan standar internasional.

Dalam kondisi sekarang ini, konsumen pengguna jasa angkutan udara sering mengeluh karena mendapat perlakuan kurang baik dari pihak pengelola bandara dan maskapai penerbangan.

Sebagai gambaran keluhan pengguna jasa angkutan udara yang sering disampaikan kepada YLK Sumsel yakni ketika pesawat yang akan mereka tumpangi mengalami penundaan penerbangan dari jadwal yang ditentukan, konsumen merasa kurang nyaman menunggu berlama-lama di ruang tunggu keberangkatan.

"Begitu juga ketika akan memasukkan tas dan barang bawaan lainnya ke bagasi, dibayangi rasa kecemasan karena sering terjadi aksi pencurian barang di bagasi dan mengalami kerusakan akibat barang yang dimasukkan di bagasi dilempar sembarang dalam proses bongkar muat ke pesawat," katanya.

Dia menjelaskan YLK Sumsel sering menerima pengaduan dari masyarakat pengguna jasa angkutan udara kurang mendapat pelayanan yang baik ketika berada di bandara, bahkan pernah mengadvokasi penumpang yang kehilangan barang bawaan di bagasi pesawat namun berakhir dengan penyelesaian yang kurang memuaskan masyarakat selaku konsumen.

"Melalui perbaikan pelayanan bandara sesuai dengan standar pelayanan internasional, diharapkan sejumlah permasalahan yang berpotensi membuat pengguna jasa angkutan udara kurang aman dan nyaman, dalam tahun ini bisa diatasi dengan baik," ujar Hibzon.

Sementara sebelumnya General Manager PT Angkasa Pura II Palembang Iskandar Hamid menjelaskan bahwa untuk menghadapi Asian Games 2018, pihaknya sejak beberapa tahun terakhir secara bertahap berupaya melakukan perluasan bandara SMB II dan penambahan fasilitas pendukung untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Sekarang ini tengah berlangsung kegiatan proyek perluasan terminal penumpang, pelataran pesawat (apron), dan penambahan fasilitas pendukung lainnya," katanya.