38 siswa terima dana bantuan pendidikan

id siswa, pelajar, sekolah, kip, kartu indonesia pintar, sd

38 siswa terima dana bantuan pendidikan

Sejumlah Siswa Sekolah Dasar berinteraksi dengan teman sembari menanti giliran masuk kelas di halaman SD Negeri 139 Palembang, Sumsel. (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly/15)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Sebanyak 38 orang siswa Sekolah Dasar Negeri 32 Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menerima bantuan dana dari pemerintah pusat melalui program Kartu Indonesia Pintar yaitu berupa dana pendidikan bagi pelajar dari keluarga kurang mampu.

Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri 32 Kecamatan Lubuk Raja Ogan Komering Ulu (OKU), Sujaka di Baturaja, Kamis mengatakan bahwa siswa didiknya menerima bantuan dari Program Indonesia Pintar untuk masyarakat kurang mampu.

"Dari 175 siswa didik di antaranya sebanyak 38 pelajar yang memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) sudah menerima dana bantuan untuk periode IV dan V," katanya.

Siswa kurang mampu pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), kata dia, mendapat bantuan sebesar Rp220 ribu hingga Rp450 ribu perorang dan bisa langsung dicairkan di bank yang telah ditunjuk.

"Sisa penerima bantuan bisa langsung mendatangi bank yang sudah ditunjuk untuk proses pencairan dana," jelasnya.

Bantuan tersebut bisa digunakan siswa untuk membeli peralatan sekolah dan diharapkan kepada para wali murid agar dapat memanfaatkan dana tersebut dengan baik.

"Saya mengimbau para wali murid agar dapat menggunakan dana bantuan tersebut dengan baik dan benar khusus untuk keperluan sekolah anaknya," katanya.

Menurut dia, penerima bantuan melalui pendataan siswa yang kurang mampu dan dikumpulkan secara kolektif oleh pihak sekolah atau sebelum data diserahkan kepada bank tempat pencairan dana.

"Menurut informasi yang saya dengar untuk periode berikutnya penerima bantuan KIP diminta membuka rekening bank, karena proses pencairan akan disalurkan melalui rekening siswa itu sendiri," ujarnya.