Dinas Sosial Sumsel membina kegiatan usaha produktif

id bina, usaha produktif, minimalkan permaslahan sosila, cegah permaslahan sosial, dinsos, dinas sosial

Dinas Sosial Sumsel membina kegiatan usaha produktif

Plt Kepala Dinas Sosial Sumsel Belman Karmuda. (Foto Antarasumsel.com/17/Yudi Abdullah)

...Pembinaan kegiatan usaha produktif dilakukan dalam bentuk mengajari masyarakat beberapa keterampilan dan kerajinan tangan dengan memanfaatkan keunggulan lokal...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Sosial Sumatera Selatan berupaya membina masyarakat untuk melakukan berbagai kegiatan usaha produktif guna mengatasi berbagai permasalahan sosial di provinsi ini.

Pembinaan kegiatan usaha produktif dilakukan dalam bentuk mengajari masyarakat beberapa keterampilan dan kerajinan tangan dengan memanfaatkan keunggulan lokal serta membantu memasarkan produk yang dihasilkan dari kegiatan tersebut, kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Sumatera Selatan Belman Karmuda, di Palembang, Jumat.

Menurut dia, masyarakat di suatu daerah penghasil ikan, diberikan pembinaan keterampilan mengolah potensi yang menjadi keunggulan daerah tersebut menjadi ikan asin berkualitas.

Begiitu pula bagi masyarakat di daerah yang memiliki tanaman rotan atau bambu, diajarkan membuat beraneka ragam kerajinan dari kedua bahan baku yang tersedia berlimpah di daerah itu, katanya.

Dia menjelaskan, masing-masing daerah memiliki berbagai keunggulan sehingga program pembinaan kegiatan usaha produktif disesuaikan dengan kondisi suatu daerah.

Pembinaan kegiatan usaha produktif tersebut dilakukan dalam bentuk kelompok sehingga lebih mudah dilakukan koordinasi dan pengembangannya.

Dengan pembinaan kelompok masyarakat memanfaatkan keunggulan lokal menjadi kegiatan usaha produktif yang memiliki nilai jual yang tinggi, diharapkan ke depan bisa meminimalkan permasalahan sosial yang menjadi penghambat pembangunan.

Komitmen dan keberpihakan pemerintah mengatasi permasalahan sosial tersebut diharapkan mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat karena masalah sosial membutuhkan perhatian dari semua pihak, tidak mungkin bisa ditangani pihaknya sendiri, kata Belman.