Minuman sehat 'bumil' Prenagen ala Chef Eddrian

id chef, makanan sehat, minuman, prenagen

Minuman sehat 'bumil' Prenagen ala Chef Eddrian

Chef Eddrian Tjhia menuangkan minuman sehat ke salah seorang peserta Prenagen Pregnancy Educational Journey di Palembang, Sabtu. (Antarasumsel.com/Dolly Rosana/17/Ang)

...Saya membuat ini dengan hati, karena saya tahu yang akan meminumnya adalah ibu-ibu yang akan melahirkan generasi bangsa ini...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Bagi ibu hamil yang kerap kesulitan meminum susu karena alasan mual, tidak perlu khawatir karena Chef Eddrian Tjhia memiliki triknya.

Chef asal Bangka yang sering menjadi bintang tamu sejumlah acara memasak di televisi ini, telah meluncurkan tiga menu khusus bagi para 'bumil' hingga mereka yang sedang mempersiapkan kehamilan.

Dijumpai di acara Prenagen Pregnancy Educational Journey, Palembang, Sabtu, Chef asal Bangka ini telah melahirkan tiga resep minuman sehat bercita rasa Indonesia. Tak tanggung-tanggung, minuman sehat ini dicicipkan ke sejumlah peserta PPEJ dan mendapatkan respon positif.
 
Salah satunya menggunakan ubi unggu yang sangat efektif mengurangi tekanan darah serta menurunkan resiko  penyakit jantung dan stroke pada penderita hipertensi. Seperti diketahui sayuran, buah-buahan, atau umbi-umbian berwarna ungu kaya akan antioksidan seperti antosianin, karotenoid, dan asam fenolik.

"Saya membuat ini dengan hati, karena saya tahu yang akan meminumnya adalah ibu-ibu yang akan melahirkan generasi bangsa ini," kata Eddrian di both khusus miliknya di ajang PPEJ 2017, Hotel Novotel Palembang.

Resep minuman pertamanya diberi nama "Chiaseed Puding dengan Ubi Unggu" yang khusus diperuntukkan bagi ibu yang sedang mengandung. 

Bahan-bahannya, biji chia (black chiaseed) yakni buah impor yang kini mudah dijumpai di pasar-pasar modern, kemudian susu Prenagen mommy Vanila 200 ml, ubi unggu satu buah, dan yoghurt 4 sendok makan.

Cara membuatnya sangat mudah, yakni ubi unggu yang sudah direbus dan dibuang kulitnya dicampurkan dengan yoghurt. Kemudian biji chia dan susu Prenagen dicampurkan selama 10 menit hingga mengembang. 

"Warna khas ubi unggu dapat sekaligus membangkitkan selera. Jadi yang tidak suka susu, ini solusinya," kata Eddrian.

Kemudian kreasi keduanya yakni "Smoothies Pepaya Pisang" yang khusus dibuat untuk para ibu menyusui. Bahan-bahannya yakni pepaya 1 buah, pisang 1 buah, dan Prenagen juice buah dan sayur. 

"Cara membuatnya, cukup memblender tiga bahan ini. Saya memakai pepaya karena dapat membantu memperbanyak produksi ASI," kata dia.

Tak kalah segar, menu ketiga Eddrian juga sangat menggugah selera. Minuman yang diberi nama "Smoothies Ball" dikhususkan bagi mereka dalam masa prakehamilan. 

Menurut Eddrian, menjaga nutrisi prakehamilan sama pentingnya dengan saat mengandung. Kali ini, Chef yang belajar secara otodidak ini mencampurkan ubi unggu 1 buah dengan pisang 1 buah, dan Prenagen Esensis 200 ml. 

"Cara membuatnya, ubi unggu direbus sampai lunak lalu dikupas kulitnya untuk kemudian dicampur dengan pisang dan susu Prenagen. Wui..sedap...," kata Chef yang memiliki sejumlah kelas memasak profesional di Jakarta ini.

Salah seorang pengunjung, Melisa Triani (33) mengatakan dirinya sangat tertarik untuk mencoba resep yang dibuat Chef Eddrian. Selama ini Melisa bukan hanya kurang menyukai susu, tapi ia juga bosan jika hanya mengkonsumsi susu seperti biasanya.

"Saya baru tahu bisa dicampur dengan ubi unggu, rasanya enak dan segar," kata Melisa yang saat ini usia kandungannya telah menginjak 7 bulan.

Dokter ahli kandungan Dr dr Martina Hutabarat SpOG mengatakan bahwa asupan nutrisi bagi ibu sangat penting, bukan hanya saat mengandung dan menyusui tapi saat prakehamilan. 

Janin sangat membutuhkan nutrisi kaya asam folat dan kalsium namun sejauh ini dua zat itu kerap sulit terpenuhi jika mengkonsumsi makanan seperti biasa sehingga mengkonsumsi susu dapat dijadikan solusinya.

"Saya tidak pernah bosan mengingatkan ibu hamil untuk perhatikan nutrisinya karena bayi yang akan dilahirkan nanti mau seperti apa sangat tergantung dengan apa yang ibu makan. 'You are what your mother eat'. Tentunya kita semua ingin anak-anak Indonesia sehat, cerdas, dan kuat," kata dia.

Ia mengingatkan pemilihan nutrisi yang spesifik bagi ibu dan janin harus diperhatikan karena yang dibutuhkan bukan hanya vitamin dan mineral tertentu saja, tapi juga harus beragam. 

"Jika ibu hamil dan menyusui merasa kurang terpenuhi nutrisinya, maka solusinya dengan meminum susu. Karena susu yang sejatinya kendaraan terbaik membawa zat nutrisi sampai ke janin ibu," kata Martina.

Rupanya kesadaran untuk mengkonsumsi makanan bergizi itu telah dimiliki penyanyi jazz Andien. Ia yang menjadi brand ambassador Prenagen malahan telah mempersiapkannya pada satu tahun sebelum kelahiran Kawa, anak pertamanya yang kini berusia delapan bulan.

"Saya benar-benar fokus memperhatikan asupan setelah memutuskan ingin hamil. Seingat saya, saya merasa benar-benar sehat di satu tahun itu, bahkan sudah minum Prenagen Esensis," kata Andien yang juga hadir pada acara PPEJ Palembang. 

Senior Manager Prenagen Sianne Permadi mengatakan hal ini yang melatari semangat perusahaan secara rutin selama 30 tahun menggelar ajang PPEJ. 

Pada tahun ini, Prenagen mengusung tema "Prenagen Peduli, Ibu Sehat Indonesia Sehat" yang tak lain ingin mewujudkan cita-cita menghasilkan generasi bangsa berkualitas dan berdaya saing. Sebanyak 3.000 orang peserta terdaftar dalam PPEJ yang terselenggara di lima kota Indonesia.

"Hingga kini semangat kami tidak pernah padam untuk mengingatkan pentingnya menjaga nutrisi ibu dan anak," kata Sianne.