WCC Palembang lindungi perempuan dari bahaya narkoba

id narkoba, cegah, lindungi, lindungi perempuan dari bahaya narkoba, penyalahgunaan narkoba

WCC Palembang lindungi perempuan dari bahaya narkoba

Stop narkoba (ANTARA FOTO/Basri Marzuki)

...Remaja putri sangat rentan menjadi korban penyalahgunaan narkoba, kondisi ini perlu diantisipasi...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pusat pembelaan hak-hak perempuan "Women`s Crisis Centre" Palembang, Sumatera Selatan berupaya melindungi perempuan terutama remaja putri dari bahaya penyalahgunaan narkotika, psikotropika, zat adiktif, dan obat-obatan berbahaya.

"Remaja putri sangat rentan menjadi korban penyalahgunaan narkoba, kondisi ini perlu diantisipasi dangan melakukan berbagai kegiatan yang dapat meningkatkan kesadaran perempuan di daerah ini untuk tidak tergoda mengkonsumsi barang terlarang itu," kata Ketua Women`s Crisis Centre (WCC) Palembang Yeni Roslaini Izi, di Palembang, Senin.

Menurut dia, untuk melindungi perempuan dari bahaya narkoba, dalam setiap kesempatan melakukan pertemuan dengan masyarakat, pihaknya berupaya mensosialisasikan bahaya mengkonsumsi narkoba.

"Akhir-akhir ini banyak perempuan menjadi korban penyalahgunaan narkoba, akibat pengaruh dari teman laki-laki, suami, dan pergaulan, kondisi ini akibat kurangnya pengetahuan mengenai bahaya narkoba bagi kesehatan dan sanksi hukumnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, kegiatan sosialisasi bahaya narkoba dilakukan melalui media massa cetak dan elektronik, serta melalui tatap muka langsung ke perkumpulan ibu-ibu dan remaja putri, kawasan permukiman penduduk, sekolah, dan kampus perguruan tinggi

Dalam melakukan kegiatan sosialisasi mengenai dampak negatif narkoba itu, pihaknya bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) daerah setempat dan sejumlah kelompok masyarakat.

Kaum perempuan seperti ibu-ibu dan remaja putri perlu dibekali pengetahuan mengenai sanksi hukum dan bahaya mengkonsumsi narkoba sehingga tidak mudah terpengaruh dalam pergaulan untuk mencoba barang terlarang itu.

Sekarang ini mulai banyak ibu-ibu dan remaja putri terjerumus di lobang "narkoba" karena terpengaruh teman-teman sepergaulan bahkan ada yang terpengaruh dari suami atau teman dekat laki-lakinya.

Selain menjadi korban penyalahgunaan narkoba, tidak sedikit kaum perempuan terjebak dalam lingkaran pengedar barang yang terlarang itu.

Melalui upaya perlindungan itu, diharapkan perempuan di daerah ini memiliki pengetahuan yang cukup mengenai bahaya narkoba dan sanksi hukumnya, sehingga bisa menjadi benteng yang kuat bagi perempuan untuk menghindari narkoba yang dapat merusak masa depannya dan generasi penerus bangsa.

Perempuan yang memiliki pengetahuan yang cukup, diharapkan pula bisa menjadi juru kampanye yang efektif bagi anggota keluarga dan masyarakat di sekitar lingkungannya agar tidak terjerumus menjadi pengguna dan pengedar narkoba, kata Yeni.