Pembangunan sumur bor atasi kesulitan air bersih

id sumur bor, kades, kekeringan, kurang air

Pembangunan sumur bor atasi kesulitan air bersih

Ilustrasi pembuatan sumur bor. (ANTARA FOTO)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kepala Desa Belatung Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Plando mengatakan bahwa rencana pembangunan sumur bor oleh pemerintahan desa setempat merupakan solusi untuk mengatasi masalah kesulitan air bersih bagi masyarakat.

"Menggunakan dana desa tahun ini kami akan membangun enam unit sumur bor di Desa Belatung Kecamatan Lubuk Batang ini," kata Kepala Desa (Kades) Belatung di Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Senin.

Menurut dia, pembangunan sumur bor tersebut karena masyarakat di desa tersebut kerap kesulitan mendapatkan air bersih terutama pada musim kemarau seperti sekarang ini.

"Sebenarnya di desa kami sudah ada sumur, namun tidak dapat digunakan karena mengalami kekeringan saat kemarau. Sedangkan musim hujan kwalitas airnya tidak bagus. Jadi masyarakat banyak yang mengambil air ke sungai," katanya.

Pihaknya akan mengatasi masalah kesulitan air bersih bagi masyarakat dari dusun satu hingga empat dengan rincian masing-masing satu unit sumur bor di dusun dua dan tiga Desa Belatung.

"Untuk dusun satu dan empat akan dibangun masing-masing dua unit sumur dengan kedalaman sekitar 25-60 meter," jelasnya.

Fasilitas umum yang diperuntukan guna memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat desa tersebut, nantinya akan disediakan dua buah drum atau bak penampungan air di setiap sumur.

Menurut dia, dua buah bak penampungan berada di dekat sumur, yang satu berkapasitas 2.000 liter air dilengkapi empat kran dan satu wadah lagi kapasitanya 1.000 liter dengan tiga kran.

"Warga harus membeli selang sendiri jika ingin mengalirkan air sampai ke rumah, sebab pemerintah hanya menyediakan sumur dan tempat penampungan air saja," ujarnya.