Area sekolah perlu dipasang "zebra cross"

id zebra cross, tempat penyeberangan, sekitar sekolah, baturaja

Area sekolah perlu dipasang "zebra cross"

Sejumlah pekerja menyelesaikan pembuatan zebra cross (tempat penyeberang pejalan kaki) di jalan utama kota (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Aminilson menilai bahwa setiap area sekolah yang berada dekat dengan jalan raya perlu dipasang tempat penyeberangan atau "zebra cross".

"Untuk itu kami membuat sembilan zebra cross di sejumlah kawasan sekolah di Baturaja," kata Aminilson di Baturaja, Senin.

Pembuatan tempat penyebranagan dilakukan sejak beberapa pekan lalu di sejumlah kawasan sekolah di Ogan Komering Ulu (OKU) yang berada dekat dengan jalan poros seperti SMA Yadika, SMA Sentosa dan SMA Tri Sakti Baturaja.

Selain lokasi sekolah, kata dia, juga dipasang untuk sarana menyebrang di beberapa tempat ibadah yaitu Masjid Sukaraya, Alkautsar dan Masjid Imam Bonjol.

"Tiga titik zebra cross lagi dipasang di penyebrangan Jalan Sudirman dan Jalan Akmal serta dibuat di Jalan Kemarung," ungkapnya.

Menurut dia, pembuatan zebra cross di sekolah dan lokasi tempat ibadah tersebut dilakukan berdasarkan usulan dari masyarakat yang menilai perlu dipasang guna memberikan kenyamanan dan keamanan ketika menyebrang.

"Dengan adanya tempat penyeberangan maka akan sangat berguna bagi para pelajar karena dapat mempermudah menyeberang ketika hendak pulang maupun pergi ke sekolah," jelasnya.

Sebab kata dia, selama ini para pelajar kesulitan menyebrang terutama saat aktifitas lalulintas di jalan raya dipadati pengendara yang melintas khususnya pagi hari pada jam kerja dan sore hari.

"Jika ada zebra cross pengendara akan memperlambat kendaraannya dan mendahulukan penyebrang," ujarnya.