BCA Syariah ekspansi ke Palembang

id Bank BCA Syariah, berekpansi, John Kosasih, nasabah, kartu Flazz BCA

BCA Syariah ekspansi ke Palembang

Bank BCA Syariah (Antarasumsel.com/grafis/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - PT Bank BCA Syariah berekpansi ke Palembang untuk menjajal peluang bisnis di sektor perbankan syariah yang terus bertumbuh dalam lima tahun terakhir di kota itu.

Presiden Direktur BCA Syariah John Kosasih di Palembang, Selasa, mengatakan, perluasan jaringan cabang di luar Jawa merupakan salah satu strategi perusahaan untuk optimalisasi layanan serta mencapai target pertumbuhan bisnis 2017.

Untuk wilayah Sumatera, BCA Syariah telah membuka kantor cabang di Medan di awal tahun 2017.

"Palembang merupakan salah satu kota dengan perkembangan ekonomi cukup pesat di Sumatera. Kami berharap kehadiran BCA Syariah di Palembang dapat menjadi solusi bagi kebutuhan masyarakat akan produk perbankan syariah," kata John.

Pada tahapan awal ekpansinya di Palembang ini, BCA Syariah akan fokus membidik nasabah perbankan konvensionalnya karena permintaan untuk membuka layanan syariah sebenarnya juga bersumber dari permintaan nasabah loyal BCA.

Hal ini terbukti pada semester I/2017 mencapai hasil positif, total asset BCA Syariah mencapai Rp5,43 triliun atau naik 25,02 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2016 (yoy).

Pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) menjadi salahsatu faktor yang memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan assset tersebut.

Tercatat peningkatan DPK mencapai Rp4,24 triliun atau tumbuh sebesar 31,79 persen (year on year/yoy). Sementara penyaluran pembiayaan BCA Syariah mencapai Rp3,88 triliun atau tumbuh sebesar 21,09 persen (yoy).

"Sampai akhir tahun ini kami menargetkan pertumbuhan 15-20 persen dibandingkan tahun lalu," kata dia.

Beberapa produk unggulan yakni produk simpanan seperti Tahapan Mabrur, Tahapan Rencana, giro, deposito dan Simpanan Pelajar. Kemudian produk pembiayaan seperti pembiayaan emas, pembiayaan modal kerja, dan pembiayaan investasi.

Seluruh layanan BCA Syariah ini telah didukung oleh elektronic channel yakni lebih dari 100.000 jaringan ATM BCA dan PRIMA, BCA Syariah mobile, dan layanan belanja debit di lebih dari 350.000 mesin EDC BCA yang tersebar di pusat-pusat perbelanjaan. Terbaru dari BCA Syariah yaknu kartu Flazz BCA Syariah.

"Setelah membuka cabang di Palembang, rencananya kami akan memperluas ke Jambi, Lampung, dan Padang," ujar dia.

Sementara itu Direktur Pengawasan Otoritas Jasa Keuangan Regional 7 Sumatera Bagian Selatan, Sabil, mengatakan pertumbuhan sektor perbankan syariah terus didorong OJK karena sejauh ini masih jauh dibandingkan sektor konvensional.

"Di Palembang dari 33 perbankan konvensional, baru tujuh bank yang membuka kantor cabang syariah, dan tujuh bank membuka unit syariah. Artinya sebaran masih sangat rendah jika dibandingkan yang konvensional," kata dia.

OJK mendorong dengan memberikan kemudahan regulasi. Untuk membuka bank syariah, OJK mengizinkan modah hanya Rp1 triliun sementara untuk perbankan konvensional mewajibkan Rp3 triliun.