Polda Metro tetapkan tujuh tersangka kericuhan LBH

id Polda Metro Jaya, tersangka, kerusuhan, tangkap, aksi demo, Lembaga Bantuan Hukum

Polda Metro tetapkan tujuh tersangka kericuhan LBH

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono saat memberikan keterangan pers. (ANTARA/Wahyu Putro A)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - Penyidik Polda Metro Jaya menetapkan tujuh tersangka terkait aksi demo yang berujung kericuhan di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta pada Senin (18/9) dinihari.

"Sudah dilakukan pemeriksaan tujuh orang dinyatakan tersangka," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Jakarta Selasa.

Argo mengatakan ketujuh orang itu dijerat Pasal 216 dan Pasal 218 KUHP lantaran melawan kewenangan aparat dengan ancaman hukuman maksimal empat bulan penjara.

Argo menuturkan polisi juga masih menyelidiki orang yang memprovokasi dan menyebarkan informasi tidak berdasarkan fakta sehingga menyulut massa untuk bertindak anarkis.

Sebelumnya, petugas Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat membubarkan secara paksa aksi demo sekelompok massa yang merangsek ke acara pertunjukkan kesenian di LBH Jakarta pada Senin (18/9) dinihari.

Petugas juga membubarkan pertunjukkan kesenian dan kebudayaan di LBH Jakarta lantaran tidak mengantongi izin dari kepolisian.

Akibat kericuhan itu lima anggota kepolisian mengalami luka dan kerusakan pada fasilitas umum termasuk kendaraan operasional Polri.