Pemprov Sumsel anggarkan KUR Rp2,69 miliar

id Nasrun Umar, kur, usaha mikro kecil, pengusaha kecil, mikro

Pemprov Sumsel anggarkan KUR Rp2,69 miliar

Manager Sriwijaya FC Nasrun Umar. (Antarasumsel.com/Nova Wahyudi)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menganggarkan dana untuk kredit usaha rakyat (KUR) yang diperuntukkan bagi usaha mikro kecil dan menengah di daerah ini sekitar Rp2,69 miliar.

Dana itu dialokasikan pada Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Sumsel pada 2017 ini, kata Sekda Sumsel Nasrun Umar, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, dana tersebut tidak lain digunakan untuk kebutuhan pengusaha kecil, mikro dan menengah yang ada di provinsi yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

"Jadi, dana tersebut untuk pengembangan usaha yang ada di Sumsel supaya produknya termasuk kuliner dan kerajinan di daerah ini semakin banyak dan kompetitif," ujar dia.

Selain itu, dana tersebut juga untuk meningkatkan kualitas produk usaha yang dijalankan para pengusaha di daerah ini supaya semakin bermutu serta berdaya saing, ujar dia pula.

Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah pesta olahraga internasional Asian Games, sehingga produk yang dihasilkan UMKM harus semakin berkualitas, katanya.

Sekdaprov Sumsel itu juga minta agar KUR tersebut penyalurannya berjalan lancar dan tepat sasaran, sehingga semakin bermanfaat bagi kepentingan masyarakat banyak.

Pihaknya minta kepada pemerintah kabupaten dan kota di Sumsel untuk terus mengawasi penyaluran kredit tersebut supaya berjalan lancar.

Dana melalui APBD Sumsel itu sebagai pendamping dari anggaran pusat untuk Program KUR, kata dia lagi.

Sebelumnya, Kakanwil Ditjen Pembendaharaan Sumsel Sudarso mengatakan, pemerintah pusat telah menganggarkan dana KUR pada 2017 mencapai Rp9 triliun.

Dana tersebut sebagai bentuk perhatian dari pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, kata dia lagi.