Pengembangan kota baru gandeng investor Korea Selatan

id kota baru, gandus, investor, walikota, harnojoyo

Pengembangan kota baru gandeng investor Korea Selatan

Wali Kota Palembang Harnojoyo (ANTARA Sumsel/13)

....Agar rencana ini terwujud tentunya perlu dana dari investor karena dana dari pemerintah sangat terbatas....
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Pengembangan kota baru di Gandus, Palembang, direncanakan akan mengandeng investor asal Korea Selatan untuk menutupi keterbatasan dana pemerintah.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Jumat, mengatakan, pembicaraan telah dilakukan dengan sejumlah pengusaha asal Korea Selatan mengenai penjajakan kemungkinan untuk menanamkan modal di sektor infrastruktur dan pariwisata.

"Kawasan Gandus ini akan dikembangkan menjadi kota mandiri berdasarkan rencana tata ruang Kota Palembang. Agar rencana ini terwujud tentunya perlu dana dari investor karena dana dari pemerintah sangat terbatas," kata Harnojoyo.

Pemerintah Kota Palembang mengundang investor dari dalam dan luar negeri untuk memanfaatkan kawasan industri baru di Kecamatan Gandus seluas 100 hektare.

Proses sudah memasuki tahapan penetapan lokasi sesuai dengan arahan pemerintah pusat sehingga para investor sudah bisa membuat perencanaan jika tertarik membangun industri hilir di sana.

Pendirian kawasan industri ini sudah didukung Kementerian Perindustrian sehingga pemkot telah menetapkan Kecamatan Gandus sebagai lokasinya berdasarkan perencanaan kota hingga 2032.

Pemerintah kota telah menyusun perencanaan bahwa nantinya bakal menjadi tempat industri hilirisasi dan perakitan.

Untuk itu, pemkot sudah merencanakan berdirinya suatu kawasan industri yang mandiri yakni memiliki pembangkit listrik, jaringan pembuangan air limbah dan sampah, dan pemukiman untuk mendukung kebutuhan tenaga kerja.

Terkait infrastruktur pendukung tersebut, Harnojoyo mengatakan, pemkot berencana membangun instalasi pengolahan air (ipa) untuk mendukung berdirinya kawasan kota mandiri ini.

"Rencananya 200 hektare akan diberikan untuk kawasan perumahan dan 100 hektarenya kawasan industri sehingga kawasan ini akan mandiri," kata dia.

Pendirian kawasan industri ini diharapkan dapat mengimbangi pertumbuhan ekonomi Kota Palembang yang bergerak pesat sejak menjadi tuan rumah SEA Games tahun 2011.

Selain menawarkan pembangunan kota mandiri, Pemkot juga mengajak investor menanamkan modal untuk pembangunan hotel dua tempat yakni di Kelurahan 7 Ulu, di kawasan Sekanak, serta rencana pengembangan kawasan wisata Pulo Kemaro.

Sementara itu President Director Sriwijaya Central Bussines District Gadiza Fauzi mengatakan sangat tertarik mengembangkan kawasan Gandus karena berpeluang menjadi pusat bisnis modern.

"Jika deal kami ingin membangun SCBD di kawasan Gandus karena akan dijadikan pusat bisnis modern dengan sistem terintegrasi," kata dia.