Senin, 23 Oktober 2017

Wali kota: Anggaran pilkada Palembang Rp65,9 miliar

id wali kota, harnojoyp, pilkada, kpu, pemilu, anggaran
Wali kota: Anggaran pilkada Palembang Rp65,9 miliar
Ilustrasi (ist)
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan anggaran untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah pada 2018 sekitar Rp65,9 miliar.

Dukungan finansial untuk pilkada Kota Palembang itu dianggarkan pada APBD induk 2017 sekitar Rp7 miliar dan APBD perubahan 2017 sekitar Rp1 miliar, sisanya Rp56 miliar lebih akan dianggarkan pada APBD induk 2018, kata Harnojoyo di Palembang, Jumat.

Pada rapat koordinasi/sosialisasi pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Palembang  yang dilaksanakan KPU Palembang itu, Harnojoyo dukungan pemkot dalam menyukseskan penyelenggaraan pilkada serentak 2018 selain finansial, juga sumber daya manusia (SDM), dan sarana dan prasarana.

Sementara untuk dukungan kesiapan SDM di tingkat kecamatan dan kelurahan yaitu sekretaris PPK sebanyak 18 orang, staf sekretariat PPK sebanyak 36 orang, kemudian sekretaris PPS sebanyak 107 orang dan staf sekretariat PPS sebanyak 214 orang.

Untuk dukungan sarana dan prasana yaitu peralatan pendukung kegiatan pemilihan di KPU, kantor, gudang logistik, dan peralatan pendukung lainnya di PPK/PPS.

Sedangkan dukungan lainnya dari dinas instansi, badan di lingkungan Pemkot Palembang seperti Kependudukan dan Pencatatan Sipil berkaitan tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih, kemudian Kesbangpol mengenai sosialisasi dan partisipasi politik.

Sementara untuk BPKAD melakukan penganggaran dan hibah, Satpol PP di bidang pengamanan, kampanye dan pembersihan alat peraga, dan Dinas Perhubungan membantu distribusi logistik ke lokasi, dan Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyemarakan sosialisasi pilkada.

Ia berharap, KPU dan jajarannya agar memperbanyak melakukan sosialisasi dengan memanfaatkan rumah pintar pemilu yang sudah ada.

"Kita berharap partisipasi masyarakat pada pilkada serentak 2018 dapat lebih meningkat lagi," katanya.

Pada pilkada serentak 2018 akan diikuti sebanyak sembilan kabupaten dan kota di Sumsel ditambah pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan.

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga