Jumat, 20 Oktober 2017

Kompetensi diperlukan tingkatkan mutu sekolah

id kepala sekolah, guru, sekolah, siswa, murid, nasrun umar, sekda
Kompetensi diperlukan tingkatkan mutu sekolah
Nasrun Umar (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi)
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Sekretaris Daerah Sumatera Selatan Nasrun Umar mengatakan kompetensi bagi para kepala sekolah diperlukan supaya lembaga pendidikan yang dipimpinnya semakin bermutu.

Sebab kompetensi merupakan sebuah kemampuan dalam menguasai bidang ilmu bidang yang dipelajari, kata Sekda saat berbicara pada peserta pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah SMA/SMK di Palembang, Jumat.

Lebih lanjut dia mengatakan, bila kepala sekolah memiliki kemampuan maka kemajuan pendidikan akan semakin terarah dan berkualitas.

"Bukan itu saja tetapi ilmu yang didapat peserta didik pun nantinya sesuai dengan program yang diberlaukan," ujar dia.

Memang, lanjut dia, peran kepala sekolah antara lain untuk membawa sekolahnya agar lebih baik dan bermutu. Pendidikan menjadi program perioritas bagi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sehingga kualitasnya harus semakin baik.    

Sehubungan dengan itu kepala sekolah perlu memiliki sertifikasi atau kompetensi agar program yang dicanangkan Gubernur Sumsel Alex Noerdin tersebut semakin bermutu, kata dia.

Dia mengatakan, sebagai kepala sekolah dituntut harus profesional, handal dan mumpuni dalam bidangnya.

Oleh karena itu  solusi terbaik yang harus dilakukan yakni perlu peningkatan kualitas dan kompetensi kepala sekolah melalui program pendidikan dan pelatihan seperti yang dilaksanakan sekarang ini, kata dia.

Sekda juga minta calon kepala sekolah mengikuti pendidikan dan pelatihan ini secara serius sehingga ilmu yang diberikan dapat diserap secara maksimal.

Sementara Kepala Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah Indonesia Nunuk Suryani mengatakan, Pemprov Sumsel cukup komitmen dalam memajukan pendidikan yang bermutu.

Hal ini karena calon kepala sekolah dibekali ilmu melalui pendidikan dan pelatihan seperti sekarang ini, tambah dia.

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga