Tujuh puskesmas Kabupaten OKI punya mobil layanan

id puskesmas, Ogan Komering Ilir, mobil layanan, HM Lubis, Dinas Kesehatan

Tujuh puskesmas Kabupaten OKI punya mobil layanan

Layanan kesehatan masyarakat (Pusakesmas) (Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel.com) - Tujuh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) telah memiliki unit mobil layanan sehingga dapat mendatangi masyarakat di pelosok desa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI HM Lubis di Palembang, Minggu, mengatakan tujuh unit mobil layanan itu telah didistribusikan ke Puskesmas Penanggoan Duren, Mulya Guna, Jejawi, Sirah Pulau Padang, Pampangan, Air Sugihan Jalur 27, dan Pematang Panggang II.

"Selama ini masyarakat kerap mengeluh kesulitan mengakses layanan kesehatan karena jarak rumah yang cukup jauh dengan puskesmas. Dengan adanya mobil layanan ini, petugas dapat mendatangi mereka secara terjadwal," katanya pula.

Ia menjelaskan penyediaan unit mobil ini juga untuk mendorong program hidup sehat masyarakat desa, dan sekaligus mengurangi penumpukan pasien di pusat-pusat layanan kesehatan masyarakat lantaran ketiadaan kendaraan untuk mengangkut ke rumah sakit.

"Program ini akan menyasar bayi, balita, ibu hamil dan lansia mengingat kelompok tersebut sangat rentan masalah kesehatan," kata dia lagi.

Ia menjelaskan pemenuhan kebutuhan unit mobil puskesmas ini sejak lama direncanakan pemerintah kabupaten setempat. Hanya saja keterbatasan anggaran membuatnya harus dilakukan secara bertahap khususnya untuk puskesmas di pelosok desa.

Penyediaan unit mobil puskesmas ini didorong oleh banyak desa di OKI berada di aliran sungai.

Mobil puskesmas ini akan digunakan petugas kesehatan untuk berkeliling masuk ke permukiman warga desa.

"Berbagai pelayanan dapat diberikan, bukan hanya mengobati yang sakit tapi juga pelayanan kesehatan bagi bayi, ibu hamil dan layanan keluarga berencana," ujar dia pula.