Jumat, 20 Oktober 2017

Destinasi `sudirman walk` rutin tampilkan kesenian tradisional

id sudirman walk, Dinas Pariwisata, kesenian, band, seni modern, Isnaini Madani
Destinasi `sudirman walk` rutin tampilkan kesenian tradisional
Pedestrian di Jalan Jenderal Sudirman Palembang dimalam hari (Antarasumsel.com)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Destinasi wisata di Kota Palembang, Sumatera Selatan, "Sudirman Walk" rutin menggelar pagelaran kesenian tradisional untuk mendorong muculnya seniman-seniman lokal dari kalangan anak muda.

Kepala Dinas Pariwisata Palembang Isnaini Madani di Palembang, Minggu, mengatakan, setiap malam akhir pekan akan diupayakan munculkan seniman baru karena Sudirman Walk difokuskan sebagai tempat untuk menampilkan atraksi seni modern dan tradisional.

"Panggung para seniman kami alihkan ke Sudirman Walk. Mereka bebas berkreasi, mulai dari seni musik, teater, suara, dan lainnya seperti musik batang hari sembilan dan dul muluk. Sementara untuk seni modernnya diberikan juga kesempatan bagi anak muda untuk unjuk kemampuan," kata Isnaini.

Ia mengatakan dengan memakai konsep seperti kawasan Orchard Singapura, Sudirman Walk akan menjadi tempat destinasi wisata yang nyaman untuk wisatawan duduk bersantai di sepanjang jalan.

Saat ini setiap akhir pekan akan dibuat acara rutin untuk menyaksikan pagelaran seni tradisional. Belum lama ini terdapat kuda lumping dan kesenian basemah.

"Sudirman Walk ini lebih kepada memunculkan hal unik sehingga akan memancing para wisatawan berkunjung dan duduk berlama-lama," ujar Isnaini.

Destinasi Sudirman Walk mulai dimunculkan Pemerintah Kota Palembang sejak awal tahun untuk mempercepat pertumbuhan sektor pariwisata menjelang Asian Games XVIII tahun 2018.

Kawasan yang dipakai yakni kawasan Jalan Jenderal Sudirman yang dimulai dari depan Pasar Cinde hingga ke Masjid Agung.

"Sejak dimunculkan, kawasan ini tidak pernah sepi di malam hari meski saat ini masih dilakukan pembangunan infrastruktur pedestrian (kawasan pejalan kaki) dan Light Rail Transit (jalur kereta api dalam kota)," kata dia.

Pemerintah Kota Palembang mendorong percepatan sektor pariwisata untuk memanfaatkan momen Asian Games XVIII tahun 2018. Salah satu yang dilakukan yakni menemukan destinasi baru wisata di dalam kota.

Kota Palembang memiliki potensi luar biasa karena merupakan salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki beragam jenis wisata, seperti kuliner, belanja, religi, sejarah dan alam.

Kota Palembang menargetkan jumlah wisatawan dalam negeri menembus angka 1,2 juta jiwa, sedangkan untuk wisatawan manca negara berjumlah 12.000 orang. Target ini cukup tinggi jika dibandingkan capaian 2016 yakni 900.000 orang wisatawan dalam negeri dan 9.000 wisatawan manca negara.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga