Pemkot Palembang gali potensi wisata kampung tua

id Fitrianti Agustinda, bkb, sudirman, walk, potensi wisata, kampung tua

Pemkot Palembang gali potensi wisata kampung tua

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda .(Antarasumsel.com/Feny Selly/Ag/17) ()

Palembang (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang menggali potensi wisata kampung-kampung tua yang berada di bantaran Sungai Musi untuk menemukan destinasi baru terkait peran kota menjadi tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018.

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Palembang, Senin, mengatakan sejauh ini pemkot telah menemukan potensi wisata di kampung tua di kawasan Benteng Kuto Besak.

"Beberapa hari lalu saya bersama Dinas Pariwisata Kota Palembang dan Dinas Kebudayaan Kota Palembang, meninjau lokasi yang berada persis di belakang Benteng Kuto Besak tersebut," kata dia.

Berdasarkan analisa kasar diperkirakan dapat dijadikan destinasi wisata baru karena kampung ini sangat unik layaknya kampung-kampung tua yang ada di Yogyakarta dan kota-kota wisata lainnya di Indonesia.

Di kampung tersebut banyak rumah yang dibangun pada awal abad 19 bercitarasa Belanda. Dinding-dindingnya tebal dan bergaya arsitektur Eropa.

Menurut Finda, sapaan akrab wakil wali kota, jika dikemas dengan baik maka sangat bersesuaian dengan keberadaan Benteng Kuto Besak.

"Rencananya di kampung ini akan dibuat kelas menenun kain songket, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan," ujar dia.

Kota Palembang memiliki potensi luar biasa karena merupakan salah satu kota tertua di Indonesia dan memiliki beragam jenis wisata, seperti kuliner, belanja, religi, sejarah dan alam.

Kota Palembang menargetkan jumlah wisatawan dalam negeri menembus angka 1,2 juta jiwa, sedangkan untuk wisatawan mancanegara berjumlah 12.000 orang. Target ini cukup tinggi jika dibandingkan capaian tahun 2016 yakni 900.000 orang wisatawan dalam negeri dan 9.000 wisatawan mancanegara.

Sementara ini sejumlah destinasi wisata baru telah dimunculkan seperti Kampung Al Munawar, Sudirman Walk, dan kawasan Sekanak.