Senin, 23 Oktober 2017

Nasdem minta penjelasan pembangunan jembatan Musi VI

id Ardhani Awam, Partai Nasdem, jembatan Musi VI, anggran, apbd
Nasdem minta penjelasan pembangunan jembatan Musi VI
Pembangunan Jembatan Musi VI . (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17) ()
Palembang (ANTARA Sumsel) - Fraksi Partai Nasdem DPRD Sumatera Selatan meminta pemerintah provinsi setempat untuk dapat menjelaskan kajian secara ekonomi akan pentingnya pembangunan Jembatan Musi VI tahap II di Kota Palembang.

Juru bicara Fraksi Partai Nasdem, Ardhani Awam di Palembang, Senin menyampaikan hal itu pada rapat paripurna mengenai usulan rancangan peraturan daerah tentang pengikatan dana anggaran pelaksanaan pekerjaan tahun jamak pembangunan jembatan Musi VI tahap II.

Menurut dia, fraksi itu juga meminta Pemprov Sumsel untuk mempertimbangkan secara matang pelaksanaan pekerjaan tahun jamak pembangunan jembatan Musi VI tahap II tersebut.

Ia mengatakan, fraksi itu juga meminta penjelasan apakah alokasi pengikatan tahun jamak yang dimaksud sudah dilakukan inventarisasi pembiayaan-pembiayaan ganti rugi terhadap relokasi perumahan-perumahan warga atau masyarakat yang dilintasi oleh pembangunan Jembatan Musi VI Kota Palembang.

Sementara juru bicara Fraksi Partai Golkar, Rizal Kenedi menuturkan, salah satu upaya percepatan pembangunan di Sumsel adalah pelaksanaan program pembangunan jalan dan jembatan dilaksanakan dengan skema pembayaran tahun jamak.

Fraksi itu pada prinsipnya menyetujui upaya Pemprov Sumsel yang berupaya untuk terus melakukan percepatan penyelesaian pembangunan Jembatan Musi VI ini, salah satunya yaitu dengan jalan pengalokasian anggaran, ujarnya.

Akan tetapi, lanjutnya, di sisi lain fraksi Golkar juga mengingatkan Pemprov agar pembangunan Jembatan Musi VI ini dilaksanakan dengan cermat sesuai dengan volume pekerjaan dan target waktu yang ingin dicapai, katanya.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyampaikan, Pemerintah Provinsi setempat melaksanakan pembangunan Jembatan Musi VI di Kota Palembang melalui pekerjaan tahun jamak yang tahap I dapat diselesaikan pada 2017.

Pembangunan Jembatan Musi VI Kota Palembang tahap II guna mengatasi kepadatan lalu lintas yang menghubungkan wilayah Seberang Ilir (Ilir Barat II) dengan Seberang Ulu (Seberang Ulu I dan Kertapati) sekaligus berfungsi sebagai jalan alternatif menuju kawasan Jakabaring Sport City yang saat ini tingkat kepadatannya mengalami peningkatan sangat signifikan.

Pembangunan Jembatan Musi VI Kota Palembang tahap ll ini, lanjutnya diharapkan dapat diselesaikan/dirampungkan pada tahun 2018 sehingga jembatan tersebut sudah dapat berfungsi secara menyeluruh menjelang pelaksanaan Asian Games 2018 dan pembangunan Kota Palembang menjadi lebih baik dan teratur.

Pekerjaan pembangunan jembatan Musi VI Kota Palembang Tahap ll melingkupi pekerjaan pembangunan jalan pendekat, pembangunan jembatan pendekat, ornamen jembatan dan pekerjaan pendukung lainnya yang membutuhkan anggaran biaya secara berkesinambungan melalui pekerjaan tahun jamak, katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga