Senin, 23 Oktober 2017

Kodim Ogan Komering Ulu bangun 300 jamban

id jamban, wc, kodim, tni, Letkol Inf Mohammad Sjahroni
Kodim Ogan Komering Ulu bangun 300 jamban
Ilustrasi- Pembangunan Jamban sehat. (ANTARA FOTO)
Baturaja (ANTARA Sumsel) - Jajaran TNI Kodim 0403 Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, membangun hampir 300 unit jamban gratis pada 2017 agar masyarakat setempat tidak lagi buang air besar di sembarang tempat.

"Hingga saat ini hampir 300 jamban yang sudah selesai pengerjaannya. Sekarang TNI sedang membangun WC umum di desa-desa pedalaman Kecamatan Lubuk Batang," kata Komandan Kodim 0403 Ogan Komering Ulu (OKU) Letkol Inf Mohammad Sjahroni didampingi Danramil Lubukbatang Kapten Inf Samran di Baturaja, Selasa.

Dikatakannya, saat ini TNI bersama warga sedang melakukan pembuatan WC umum gratis dengan ukuran 2 meter x 2 meter di setiap desa wilayah Kecamatan Lubuk Batang.

Dikemukakannya, dengan jamban diharapkan masyarakat membiasakan buang air besar (BAB) pada tempatnya, tidak lagi di sungai ataupun dalam hutan guna mencegah berbagai penyakit yang bisa ditularkan melalui kotoran manusia.

"Untuk sumber airnya didatangkan dari sumur-sumur warga dan dengan sistem gotong-royong mengisi bak penampungan air yang sudah disiapkan," katanya.

Menurut dia, program pembangunan jambanisasi keluarga ini masih akan terus berlanjut dengan sasaran keluarga kurang mampu yang masih terbiasa BAB bukan pada tempatnya.

"Progam jambanisasi pembangunannya difasilitasi TNI jajaran Kodim 0403 OKU bertujuan untuk membantu pemerintah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," ujarnya.

Sementara warga Desa Sumber Bahagia Kecamatan Lubuk Batang mengaku sangat bersyukur dapat bantuan pembangunan WC umum di desa itu melalui program jambanisasi dari TNI Kodim OKU.

"Jamban umum ini hadiah dari TNI untuk warga kampung kami agar membiasakan pola hidup sehat," kata Kades Sumber Bahagia Sobirin.

Ia menambahkan pembangunan jamban sangat bermanfaat bagi masyarakat terlebih saat musim hujan.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga