Senin, 23 Oktober 2017

Kolam retensi Palembang akan dilengkapi enam pompa

id Kolam retensi, Harnojoyo, banjir, air hujan, drainase
Kolam retensi Palembang akan dilengkapi enam pompa
Dokumentasi- Kolam retensi di Jl. Demang Lebar Daun Palembang atau tepatnya Simpang Polda sedang deronovasi. (Antarasumsel.com/17/M Fikri/I016)
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Kolam retensi di Simpang Polda, Palembang akan dilengkapi enam pompa untuk menghindari banjir yang kerap terjadi di kawasan tersebut.

Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, Kamis, mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian PU/PR memastikan akan menyalurkan dana berskema hibah Rp5 miliar untuk penyediaan pompa di kolam retensi tersebut.

"Hibah ini diberikan tak lain karena Palembang menjadi tuan rumah Asian Games 2018, sementara kota-kota lain dalam skema utang. Sepekan lalu sudah ditandatangani kontraknya," kata Harnojoyo.

Keberadaan pompa itu dipastikan akan efektif menyedot air di kawasan tersebut karena satu pompa berkemampuan 36.000 liter/detik atau setara dengan 12 ribu sambungan PDAM.

Sementara ini jumlah kolam retensi di Palembang belum ideal dari seharusnya 67 kolam hanya ada 27 kolam.

Pemkot berupaya untuk menambah jumlah kolam retensi ini, namun berbagai persoalan teknis dan nonteknis membuat tidak semudah membalik telapak tangan.

Pada 2016, pemkot hanya mampu menambah enam kolam rentensi karena kesulitan penyediaan lahan.

"Mencari lahan yang cukup luas di Kota Palembang ini bukan perkara mudah, kadang dana sudah ada tapi lahannya tidak ada," kata dia.

Namun, pada 2017, Dinas PUBM dan PSDA Kota Palembang memiliki persoalan baru karena pengurangan alokasi dana. Namun lataran Palembang menjadi tuan rumah Asian Games akhirnya mendapatkan hibah dari pemerintah.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga