Polri kerahkan pasukan Asmaul Husna amankan aksi

id Argo Yuwono, Polri, pengamanan, aksi demo, umat islam, pasukan Asmaul Husna

Polri kerahkan pasukan Asmaul Husna amankan aksi

Kombes Pol Argo Yuwono. (ANTARA/Reno Esnir)

Jakarta (ANTARA Sumsel) -Kepolisian Republik Indonesia mengerahkan sejumlah pasukan Asmaul Husna, yakni dari unsur Brimob yang menggunakan kopiah dan sorban,serta polisi wanita(Polwan)untuk menjaga aksi "299", di depan Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat.

"Kami siagakan pasukan Asnaul Husna. Selain itu juga ada polisi wanita yang menggunakan hijab," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Argo Yuwono di Gedung Parlemen, Jakarta, Jumat.

Kombes Argo berjanji pihaknya akan mengawal aksi 299 yang menolak Perppu Ormas dan kebangkitan PKI itu, secara humanis. Menurut Argo, tidak ada aparat kepolisian yang diinstruksikan menggunakan senjata api dalam mengawal aksi ini.

Jika ada eskalasi negatif dalam aksi maka pihak kepolisian akan melakukan langkah pengamanan sesuai prosedur dan bertahap.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengatakan dua pimpinan DPR akan menerima perwakilan demonstran dalam "Aksi 299", yaitu dirinya dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

"Saya dan Pak Fadli Zon yang akan menerima perwakilan demonstran, kemungkinan ditambah anggota Komisi II DPR karena ada hal yang ingin ditanyakan terkait Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Ormas," kata Agus di Gedung Nusantara III, Jakarta, Jumat.

Agus mengatakan bahwa saat ini Perpu Ormas masih ada di Komisi II DPR untuk dibahas. Namun, belum secara berkelanjutan karena baru dimasukkan ke Komisi II.

Menurut dia, berdasarkan informasi yang diterimanya, baru tanggal 4 Oktober dibicarakan dengan pemerintah, selanjutnya dibahas terus-menerus hingga akhir masa sidang.

Saat ini situasi di pintu masuk utama gedung parlemen tampak aman. Aparat keamanan telah memasang kawat berduri sebagai barikade, sementara massa aksi mrlakukan orasi dengan tertib.