BPJS Ketenagakerjaan - BRI kerja sama permudah peserta

id BPJS Ketenagakerjaan, Bank Rakyat Indonesia, kerjasama, asuransi, Jaminan Hari Tua

BPJS Ketenagakerjaan - BRI kerja sama permudah peserta

BPJS Ketenagakerjaan. (Antarasumsel.com/Grafis)

Medan (ANTARA Sumsel) - BPJS Ketenagakerjaan dan Bank Rakyat Indonesia melakukan kerja sama penerapan "Service Point Office" untuk semakin memberi kemudahan kepada peserta dan calon peserta mandiri.

Kepala Bagian Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Sumbagut Budi Pramono di Medan, Selasa, mengatakan, Service Point Office (SPO) itu diyakini akan sangat membantu peserta dan termasuk calon peserta untuk melakukan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) dan pendaftaran peserta mandiri.

Jaringan kantor Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang cukup banyak dan ada di semua daerah akan sangat membantu peserta seperti yang hendak melakukan klaim JHT, termasuk calon peserta bukan penerima upah atau mandiri untuk mendaftar kepesertaan.

"Agar SPO itu diketahui luas dan bisa dimanafaatkan sebaik-baiknya, maka layanan itu akan terus disosialisasikan terus," ujar Budi usai melihat langsung teknis proses klaim JHT dan pendaftaran peserta bukan penerima upah di BRI Medan Cabang Iskandar Muda.

Kepala Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota Annati menjelaskan, dengan adanya SPO itu, para peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kota Medan sudah langsung bisa mengklaim dana JHT di seluruh BRI yang ada.

Namun BRI juga menerima pendaftaran kepesertaan mandiri.

Menurut dia, penerapan sistem itu sudah siap dilakukan karena alur dari pengklaiman sudah diadopsi dari persyaratan yang ada di kantor cabang.

Dengan demikian, ujar Annati, akan memudahkan verifikasi data dan langsung masuk notifikasi ke kepala bidang pelayanan untuk disetujui.

"Voucher pembayaran langsung dibuatkan dan masuk ke rekening BRI peserta," ujar Annati yang didampingi staf bagian IT BPJS Ketenagakerjaan Cabang Medan Kota Denis.

Asisten Manager Operasional BRI Medan Cabang Iskandar Muda Edi Ginting mengatakan, sistem tersebut sangat membantu para pekerja yang mau klaim JHT dan peserta mandiri yang mau mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan.

"Peserta yang mau klaim JHT mau pun pekerja mandiri bisa langsung datang ke seluruh cabang BRI yang ada hingga ke pelosok," katanya.