Senin, 23 Oktober 2017

Jembatan musi VI ditargetkan selesai Agustus 2018

id jembatan musi VI, selesai, pembangunan, infrastruktur, Asian Games, Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin
Jembatan musi VI ditargetkan selesai Agustus 2018
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan Jembatan Musi VI Palembang.(ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pembangunan jembatan Musi VI tahap II ditargetkan selesai pada Agustus 2018 sebelum pelaksanaan Asian Games XVIII.

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin di Palembang, Rabu, mengatakan pekerjaan tahap II itu berupa pembangunan jembatan pendekat, jalan pendekat, dan ornamen jembatan.

Menurut dia, saat ini capaian pekerjaan yang sudah dilaksanakan melalui pekerjaan tahun jamak tahap I adalah 89,27 persen.

Pekerjaan tahap I itu meliputi pembangunan jembatan utama yang menghubungkan kawasan Seberang Ilir dan kawasan Seberang Ulu yang kontraknya akan selesai pada akhir tahun anggaran 2017 dan secara periodik setiap tahapannya selalu dilakukan evaluasi.

Ia menyatakan sesuai perencanaan pembangunan jembatan Musi VI secara keseluruhan membutuhkan dana sekitar Rp585 miliar.

Namun, mengingat keterbatasan dana baru dapat dilaksanakan pembangunan jembatan utama yang dianggarkan sebesar Rp350 miliar melalui anggaran pelaksanaan pekerjaan tahun jamak tahap I yang diatur dalam Perda Nomor 7 Tahun 2014 sebagaimana telah diubah terakhir Perda Nomor 1 Tahun 2016.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pembagian pekerjaan pembangunan jembatan Musi VI tahap I dan tahap II ini semata-mata karena keterbatasan anggaran dan setelah raperda ini mendapatkan persetujuan bersama akan ditindaklanjuti sesuai peraturan perundang-undangan termasuk Peraturan Menteri Keuangan Nomor 57/PMK.02/2013 tentang tata cara pengajuan persetujuan kontrak tahun jamak dalam pengadaan barang/jasa pemerintah.

Pembangunan jembatan Musi VI tahap II sudah melalui pertimbangan yang matang karena apabila tidak dilaksanakan dengan mekanisme tahun jamak tidak mungkin dapat selesai tepat waktu terutama berkaitan dengan Asian Games 2018.

Dukungan jalan akses menuju jembatan Musi VI sudah ada sehingga nantinya apabila jembatan ini sudah selesai dapat dimanfaatkan secara maksimal, katanya.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga