Selasa, 24 Oktober 2017

PHRI Sumsel dorong Pemprov kembangkan wisata olahraga

id Herlan Aspiudin, PHRI, Wisata Olahraga, wisatawan, objek wisata, jakabaring, ki
PHRI Sumsel dorong Pemprov kembangkan wisata olahraga
Herlan Aspiudin. (ANTARA Sumsel/Evan Ervani)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Daerah Sumatera Selatan mendorong pemerintah provinsi setempat mengembangkan wisata olahraga untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Provinsi ini memiliki fasilitas olahraga yang berstandar internasional terintegrasi dalam satu kawasan di Jakabaring, potensi tersebut jika dikemas dengan baik bisa memiliki nilai jual tinggi untuk menarik wisatawan berkunjung ke daerah ini," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin, di Palembang, Rabu.

Menurut dia, momentum tuan rumah Asian Games 2018 bisa dimanfaatkan untuk menarik minat wisatawan datang ke daerah ini.

Fasilitas olahraga yang dimiliki daerah ini, bisa dijadikan objek wisata sekaligus dimanfaatkan untuk menggelar berbagai kejuaraan baik skala lokal, nasional, maupun internasional, katanya.

Dia menjelaskan, berbagai potensi yang dimiliki daerah ini, bisa dikemas menjadi objek wisata yang menarik dan unik untuk dikunjungi wisatawan.

Pengembangan pariwisata sangat memungkinkan karena provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini memiliki berbagai objek wisata yang tidak kalah menarik dari daerah lain di dalam dan luar negeri.

Provinsi ini memiliki objek wisata alam, budaya, sejarah, dan memiliki aneka jenis kerajinan dan makanan khas daerah.

Dengan mengemas potensi pariwisata itu diharapkan menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya dan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke provinsi ini bisa tercapai sesuai dengan target yang ditetapkan, kata Herlan.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Selatan Irene Camelyn mengatakan pihaknya terus berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke daerah ini karena bisa mendukung pemberdayaan ekonomi rakyat.

Jumlah wisatawan, terutama wisatawan mancanegara, yang berkunjung ke provinsi ini dari tahun ke tahun trennya meningkat, namun jumlahnya belum sesuai dengan target yang diharapkan.

Wisman yang berkunjung ke Sumatera Selatan berdasarkan data dalam dua tahun terakhir cukup tinggi sekitar 40.000 orang.

Melihat kondisi tersebut, melalui berbagai upaya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan tersebut diharapkan bisa memenuhi target yang diharapkan sebanyak 10 ribu orang, kata Irene.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga