Kapolres tegaskan tembak di tempat pelaku kejahatan

id AKBP NK Widayana Sulandari, penjahat, perampokan, maling, begal, tembak di tempat,

Kapolres tegaskan tembak di tempat pelaku kejahatan

Ilustrasi - Penembakan (Antarasumsel.com/Grafis/Aw)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Kapolres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, AKBP NK Widayana Sulandari memerintahkan anggota kepolisian agar menembak di tempat setiap penjahat yang melawan petugas ketika akan ditangkap.

"Saya sudah memerintahkan anggota mulai.dari Satreskrim, Intelkam hingga jajaran polsek untuk memberikan tindakan tegas terhadap pelaku kejahatan yang melakukan perlawanan saat akan ditangkap," kata Kapolres di Baturaja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Kamis.

Dikatakan Kapolres, pihaknya tidak memberi ruang bagi pelaku kejahatan yang sering meresahkan masyarakat di wilayah itu, bahkan akan ditindak tegas jika dianggap membahayakan petugas saat penangkapan.

Ia mengungkapkan, seluruh logistik persenjataan sudah dikeluarkan dari gudang diserahkan kepada anggota yang memenuhi syarat untuk memegang senjata api.

"Anggota kepolisian yang memenuhi syarat memegang senjata api dinas sudah dilengkapi senjata dalam bertugas," katanya.

Menurut dia, jajaran Polres OKU terus berupaya meningkatkan keamanan di wilayah itu guna menciptakan situasi yang aman dan kondusif dari setiap pelaku kejahatan.

"Hal tersebut guna mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan seperti pencurian, perampokan, narkoba dan tindak kriminalitas lainnya," tegasnya.

Upaya yang dilakukan tersebut, kata Kapolres, dengan melakukan patroli secara rutin oleh personel bergantian selama 24 jam menyusuri seluruh titik keramaian seperti pusat perbelanjaan, pertokoan, kawasan permukiman penduduk hingga pada mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di wilayah itu.

"Kami juga melaksanakan program dari Polda Sumsel yakni Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan dengan melakukan razia gabungan maupun oleh jajaran polsek," jelasnya.

Program tersebut, kata Kapolres, berhasil mengamankan sejumlah pelaku kejahatan termasuk menangkap tersangka narkoba dan senjata api rakitan.

"Kami juga menggagalkan aksi perampokan dan mengamankan pelakunya beserta barang bukti senjata api rakitan yang digunakan tersangka untuk merampok," ujarnya.

Ia mengimbau, bagi masyarakat di wilayah itu agar selalu waspada terhadap pelaku kejahatan dengan tidak membawa barang berharga ke tempat keramaian yang dapat mengundang aksi kriminalitas.

"Masyarakat juga saya harapkan dapat membuang kebiasaan lama seperti membawa senjata tajam saat berpergian," kata dia.