Selasa, 17 Oktober 2017

Pariwisata Sumsel kalah bersaing di ASEAN

id Akhmad Najib, kunjungan wisatawan, pulao kemarau, pariwisata, asean
Pariwisata Sumsel kalah bersaing di ASEAN
Objek wisata Pulau Kemaro di Palembang Sumatera Selatan. (ANTARA/Arina S)
Palembang (ANTARA Sumsel) - Pengembangan pariwisata di Provinsi Sumatera Selatan dinilai masih kalah bersaing dengan negara Asia Tenggara dengan kunjungan wisatawan mancanegara masih didominasi negara tetangga tersebut.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdaprov Sumsel Akhmad Najib, di Palembang, Senin, mengatakan masih kalah bersaing kunjungan wisatawan ke Sumsel tersebut di lingkungan negara ASEAN disebabkan berbagai faktor yang belum dilaksanakan secara maksimal.

Faktor infrastruktur antara lain juga dapat mempengaruhi kunjungan wisata termasuk mancanegara belum maksimal ke daerah ini, kata dia.

Selain itu, juga belum sinkron antara kabupaten dan kota dalam mengembangkan pariwisata, ujar dia lagi.

Menurut dia, potensi wisata di Sumsel cukup menjanjikan karena objek wisata di daerah ini cukup banyak.

Karena itu melalui kegiatan bimbingan teknis bertemakan Sinkronisasi Promosi Pariwisata Pasar Asia Tenggara beberapa waktu lalu sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisata ke Sumsel.

Memang, lanjut dia, pihaknya terus mendongkrak kunjungan wisatawan terutama mancanegara di provinsi yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Pemprov Sumsel secara rutin menyelenggarakan kegiatan olahraga internasional, sehingga wisatawan luar negeri semakin banyak berdatangan, ujar dia.

Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah pesta olahraga internasional mendatang, sehingga kunjungan wisatawan mancanegara akan semakin bertambah, kata dia.

Menurut dia, pesta olaharaga akbar mendatang salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

Karena itu, pihaknya minta agar semua pihak mendukung program tersebut supaya wisatawan menjadi nyaman berkunjung ke daerah ini.

Editor: Ujang

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga