KPU siapkan 2.800 TPS pilkada Palembang

id kpu, pilkada, tps, pemilu, Syarifuddin

KPU siapkan 2.800 TPS pilkada Palembang

Ilustrasi - Gubernur Sumsel H Alex Noerdin melakukan pencoblosan di TPS 3 Talang Semut, Kecamatan Bukit Kecil Palembang, pada pilkada 2013 (FOTO ANTARA Sumsel/13/Feny Selly)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang, Sumatera Selatan akan menyiapkan sekitar 2.800 tempat pemungutan suara (TPS) untuk pemilihan kepala daerah serentak 2018 nanti.

"Pada pilkada nanti ada sekitar 2.800 TPS di Kota Palembang yang tersebar di 18 kecamatan," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Palembang Syarifuddin, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, untuk satu TPS itu jumlah pemilihnya sebanyak 300 orang dan ada pula 400 orang, tergantung dengan wilayahnya.

Sedangkan mengenai jumlah kotak suara pada Pilkada Serentak 2018 nanti, ia menyatakan, tentunya kotak yang diperlukan untuk pemilihan wali kota Palembang dan pemilihan gubernur Sumsel.

Jadi, pada setiap TPS akan ditempatkan dua kotak suara, yaitu kotak suara untuk pemilihan wali kota Palembang dan pemilihan gubernur Sumsel, sehingga diperlukan sekitar 5.600 unit belum ditambah kotak suara cadangan, katanya lagi.

Mengenai kotak suara untuk pemilu mendatang, pihaknya masih menunggu instruksi dari KPU RI, akan menggunakan kotak suara yang lama atau bagaimana, begitu pula dengan bilik suara.

"Kotak suara sebetulnya masih cukup, tetapi untuk bilik suaranya kemungkinan sebagian akan diganti dengan kardus," ujarnya.

Pihaknya terus melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan pemilu, baik ketersediaan logistik maupun persiapan lainnya.

Pilkada Serentak 2018 akan diikuti sembilan kabupaten dan kota di Sumsel, dan ditambah pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumsel.