Selasa, 17 Oktober 2017

Jalan jembatan Musi IV segera diperlebar

id jembatan musi IV, jalan, jembatan, pelebaran, pemerintah kota
Jalan jembatan Musi IV segera diperlebar
Ilustrasi - Pembangunan Jembatan Musi VI Palembang, Sumatera Selatan (FOTO ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi)
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Pemerintah Kota Palembang menyiapkan kebutuhan lahan untuk pelebaran jalan menuju Jembatan Musi IV di Jalan KH Azhari hingga ke Jalan Ahmad Yani Kecamatan Seberang Ulu.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Palembang Sulaiman Amin di Palembang, Selasa, pemkot telah menginventarisir kebutuhan lahan untuk mempercepat progres pembangunan jembatan.

"Sesuai arahan Wali Kota, tahun ini akan dituntaskan mengenai kebutuhan lahan sehingga target dapat digunakan sebelum Asian Games 2018 dapat tercapai. Terkait pembebasan lahan ini, pemkot mengedepankan mediasi mengingat beberapa titik terjadi kepemilikan ganda," kata dia.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pelaksana Jalan Metropilitan BBPJN V, Demsi Saad mengatakan total anggaran yang dikeluarkan untuk akses jalan Jembatan Musi IV Rp94 miliar yang bersumber dari APBD.

Sementara ini, telah terdata yakni sejauh 876 meter dan 160 persil dari Jalan KH. Azhari hingga ke Jalan Ahmad Yani Seberang Ulu (SU) untuk akses jalan Jembatan Musi IV.

Sedangkan untuk Jembatan Musi VI disebutkan sekitar 700 meter akan didanai APBD Rp96 miliar yakni dari Jalan Faqih Usman hingga Jalan KH Wahid Hasyim.

"Jika dihitung seluruhnya itu mencapai total 2,96 kilometer atau sebanyak 170 persil. Jadi yang sisanya 2,2 kilometer itu dibebaskan melalui dana APBN dengan total Rp60 miliar," kata dia.

Ia mengatakan sejauh ini tidak ada kendala berarti terkait pembangunan infrastruktur penujang Asian Games ini.

"Progres pembangunanya sejauh ini sudah mencapai 49,4 persen," kata dia.

Kota Palembang membangun sejumlah infrastruktur transfortasi untuk menunjang peran sebagai tuan rumah Asian Games XVIII tahun 2018, yakni Ligth Rail Transit, Fly Over, Jembatan Musi IV dan Jembatan Musi VI, dan Jalan Tol.

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga