Senin, 23 Oktober 2017

OKU Timur siapkan lahan kedelai 993 Ha

id tanaman, kedelai, dinas pertanian, tanaman pangan, lahan
OKU Timur siapkan lahan kedelai 993 Ha
Ilustrasi - Tanaman kedelai. (FOTO ANTARA Sumsel/14/Dok Humas Muba)
Martapura  (ANTARA Sumsel) - Dinas Pertanian Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur, Sumatera Selatan pada tahun ini akan menanam kedelai pada lahan seluas 993 hektare yang telah disiapkan di wilayah Kecamatan BP Bangsa Raja kabupaten setempat.

"Kami sudah menyiapkan lahan seluas 993 hektare (ha) di Desa Muncak Kabau Kecamatan BP Bangsa Raja akan ditanami kedelai," kata Kepala Dinas Pertanian Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Ruzuan Efendi di Martapura, Selasa.

Dalam waktu dekat komoditi kedelai segera ditanam serentak secara bertahap oleh pihaknya bersama para petani di wilayah itu.

"Untuk tahap pertama kami bersama masyarakat setempat sudah menanam kedelai dengan luas 39 ha dilaksanakan beberapa waktu lalu. Kami optimis tahun ini proses tanam kedelai 993 ha akan tercapai," katanya.

Bahkan kata dia, pada 2018 pihaknya menargetkan mampu menanam kedelai pada lahan seluas 7.500 ha yang tersebar di tujuh kecamatan berada di wilayah bantaran Sungai Komering karena dinilai tanahnya sangat cocok menanam jenis komoditi itu.

"Untuk tahun depan kami fokus membangun wilayah pesisir Sungai Komering guna meningkatkan tarap hidup masyarakat di kawasan itu," ungkapnya.

Ia berharap, masyarakat di seluruh kecamatan dapat mencontoh Kecamatan BP Bangsa Raja dengan ikut menanam kedelai di wilayah masing-masing untuk mensukseskan program kerja pemerintah setempat.

"Target penanaman kedelai seluas 7.500 ha bisa tercapai jika didukung oleh masyarakat yang ikut serta menanam kedelai," kata dia.

Jika program tersebut berjalan sesuai harapan, lanjut dia, selain meningkatkan perekonomian masyarakat juga dapat menjadikan Kabupaten OKU Timur daerah swasembada kedelai.

"Kami optimistis pada 2018 OKU Timur sudah bisa swasembada kedelai," ujarnya.

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga