Sabtu, 21 Oktober 2017

Beragam souvenir untuk Asian Games 2018

id pkk, souvenir, boneka pengantin, songket, kain jumputan, Tartilah Ishak
Beragam souvenir untuk Asian Games  2018
Ilustrasi - Prosesi pernikahan adat Palembang Darussalam (FOTO ANTARA Sumsel/14/Feny Selly)
....Pada 2018 nanti akan banyak tamu-tamu dari 45 negara Asia, sudah pasti souvenir ini sendiri mampu menerobos pasaran....
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Sumatera Selatan menyiapkan beragam souvenir di antaranya boneka penganten dari bahan songket dan jemputan karena daerah ini akan menjadi tuan rumah pendamping DKI Jakarta sebagai tuan rumah pelaksana Asian Games pada 2018.

"Sekarang ini sumber daya manusianya (perajin) mulai melakukan pelatihan," kata Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Sumsel Tartilah Ishak di Palembang, Rabu.

Dia mengatakan, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan cinderamata daerah.

Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 sehingga souvenir harus banyak dan bermacam - macam, ujar dia.

Oleh karena itu pihaknya melaksanakan pelatihan pembuatan souvenir boneka penganten berbahan songket.

Selain berbahan songket juga jumputan Palembang supaya hasilnya lebih menarik. Pembuatan Souvenir itu sengaja dipilih sebagai salah satu kegiatan yang sederhana, namun memiliki nilai jual yang cukup tinggi.

Melalui kegiatan ini pula diharapkan kader PKK mampu merealisasikan usaha kecil yang dapat membantu meningkatkan perekonomian keluarga.

Souvenir yang terbuat dari songket dan jumputan ini nanti diharapkan menjadi icon Sumsel yang terkenal hingga mancanegara, ujar dia.

Sebab pada 2018 akan banyak tamu-tamu dari 45 negara Asia, sudah pasti souvenir ini sendiri mampu menerobos pasaran.

Menurut dia, sama halnya kalau cinderamata Paris ada  menaranya, kalau Kuala Lumpur ada Petronasnya, kalau Sumsel ada boneka songket pengantin.

Kegiatan pembuatan souvenir ini merupakan program kerja tahunan PKK sehingga manfaatkan pelatihan tersebut dengan sebaik- baiknya, kata dia.

Souvenir boneka pengantin ini sendiri dibuat dari bahan dasar perca kain songket dan pita satin.  Kain tersebut dikemas sedemikian rupa menjadi boneka-boneka cantik yang berdaya jual tinggi.

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga