Jokowi apresiasi rampungnya tol Palindra

id jokowi, tol, tol palindra, presiden, presiden jokowi, tol

Jokowi apresiasi rampungnya tol Palindra

Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno (ketiga kanan), Menteri PUPR M. Basuki Hadimuljono (kedua kiri), Seskab Pramono Anung (kiri) dan Gubernur Sumsel Alex Noerdin meresmikan jalan tol Sumatra ruas Palembang-Indrala

...Saya sampai datang empat kali ke sini untuk melihat langsung hasil pengerjaan kontruksinya karena saya tahu medannya berat...
Palembang (ANTARA Sumsel) - Presiden Jokowi mengapresiasi rampungnya pengerjaan seksi 1 (Palembang-Pemulutan) Jalan Tol Palindra sejauh 7,75 km karena tingkat kesulitan yang relatif tinggi mengingat lokasi merupakan kawasan rawa.

"Saya sampai datang empat kali ke sini untuk melihat langsung hasil pengerjaan kontruksinya karena saya tahu medannya berat," kata Jokowi seusai meresmikan Tol Palindra.

Ia mengatakan Jalan Tol Palindra yang masuk dalam Jalan Tol Trans Sumatera dari Lampung hingga Aceh ini menggunakan teknologi vakum untuk mengeringkan rawa.

Bukan hanya dari teknologi, pembiayaan juga jauh lebih mahal dibandingkan jalan tol lain yakni lebih 1,5 kali lipat karena ada pengerukan tanah sedalam 7 km.

"Dilakukan penyedotan air, saya lihat sendiri. Itulah saya datang sampai empat kali untuk memotivasi yang bekerja," kata dia.

Jokowi berharap setelah penyelesaian seksi 1 ini akan dilanjutkan ke seksi 2 (Pemulutan-KTM Rambutan) dan seksi 3 (KTM Rambutan-Inderalaya) sehingga target pada akhir Januari 2018 akan tercapai.

Presiden pun berharap, keberhasilan Hutama Karya dalam pengerjaan seksi 1 Tol Palindra ini memotivasi daerah lain yang saat ini juga mengerjakan pembangunan jalan tol.

"Target pemerintah hingga akhir tahun terealisasi total 530 km dari Tol Trans Sumatera ini. Setelah ini saya akan ke Medan memantau Tol Medan-Bijai," kata Jokowi.

Jalan Tol Palindra seksi 1 telah diuji coba saat Lebaran lalu yakni pada H-5 hingga H+10 untuk membantu kelancaran arus mudik. Pada satu hari menjelang dibuka, jalan di dekat gerbang pintu keluar mengalami amblas tapi langsung diperbaiki pada keesokan harinya.

Manajer Proyek Tol Palindra dari PT Hutama Karya, Hasan Turcahyo mengatakan saat progres seksi 2 sebanyak 30 persen sedangkan seksi 3 sebanyak 80 persen.

"Seksi 2 terkendala pembebasan lahan, tapi saat ini sudah selesai dan mulai dikerjakan lagi," kata dia.

Presiden Joko Widodo menginstruksikan HK mempercepat pekerjaan tol Palindra 21,9 kilometer untuk membantu peran kota sebagai tuan rumah Asian Games XVIII 2018.

Jokowi juga meminta HK menggratiskan biaya tol untuk seksi 1 ini hingga dua bulan ke depan hingga seksi 2 dan seksi 3 rampung.