Sabtu, 21 Oktober 2017

Presiden resmikan ribuan hektare lahan sawit di Muba

id jokowi, presiden, kelapa sawit, peremajaan sawit, sertifkat tanah, tandan buah segar
Presiden resmikan ribuan hektare lahan sawit di Muba
Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) melakukan penanaman tumpang sari bersama para petani saat peluncuran penanaman perdana program peremajaan kebun kelapa sawit di Desa Panca Tunggal, Sungai Lilin, Kabupaten Musi banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat (13/10). (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/17)
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Presiden Joko Widodo meresmikan ribuan hektare lahan peremajaan perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat.

Peresmian program peremajaan kelapa sawit rakyat itu juga ditandai pemberian bibit unggul dari Menteri Pertanian dan penanaman perdana di Desa Panca Tunggal, Sungai Lilin, Musi Banyuasin,

Presiden mengatakan, program peremajaan kelapa sawit ini dilaksanakan agar dihasilnya lebih produktif.    Apalagi kebun kelapa sawit di daerah ini cukup luas dan yang diremajakan mencapai 4.400 hektare.

Ia mengatakan, peremajaan kelapa sawit ini bibitnya dibantu pemerintah.  Dengan diremajakan sawit ini produksinya  bisa mencapai 8 ton tandan buah segar (TBS) perhektare.



Kelapa sawit milik takyat yang lokasinya di hutan produktif  juga akan dibebaskan,  oleh karena itu kepala negara telah memerintahkan kepada menteri yang menangani pembebasan lahan tersebut. Sekarang ini sering terjadi permasalahan lahan akibat kurang jelas sehingga perlu adanya sertifikat, kata presiden.

Kepala negara berharap peremajaan sawit ini dapat terus dirawat supaya semakin produktif.  Peremajaan kelapa sawit ini juga akan terus dikembang terutama di wilayah Sumatera.

Bulan depan akan diremajakan kelapa sawit di Sumatera Utara, Jambi dan Riau, kata dia,  semuanya itu tidak lain agar perekonomian terus meningkat yang otomatis memberikan nilai tambah bagi pendapatan petani dan kesejahteraan rakyat

Editor: Indra Gultom

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga