Puskesmas dirikan puluhan posko pengobatan kaki gajah

id puskesmas, posko, kaki gajah, obat, pelayanan kesehatan

Puskesmas dirikan puluhan posko pengobatan kaki gajah

Dokumentasi - Penderita penyakit kaki gajah (FOTO ANTARA)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Puskesmas Kecamatan Lubuk Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mendirikan sebanyak 32 pos pelayanan pembagian obat pencegah penyakit kaki gajah secara gratis  untuk masyarakat.

"Jumlah pos puskesmas pembantu (pustu) atau tempat masyarakat mengambil obat pencegah penyakit kaki gajah secara gratis di Kecamatan Lubuk Raja yaitu sebanyak 32 pos yang tersebar di tujuh desa," kata Kepala Pustu Desa Batumarta unit I kecamatan setempat Ermawati di Baturaja, Sabtu.

Ia mengatakan pos tempat pelayanan tersebut sudah didirikan sejak awal pelaksanaan pemberian obat pencegah penyakit kaki gajah dilakukan serentak secara massal sejak 4 Oktober 2017.

Desa Batumarta unit I, menjadi salah satu desa dari tujuh kawasan pedesaan di Kecamatan Lubuk Raja yang ditunjuk oleh Dinas Kesehatan setempat mendirikan pos pustu tempat pelayanan dalam membagikan obat secara gratis tersebut.

"Untuk desa kami pos pustu terdapat di beberapa titik tempat pelayanan yaitu di Blok S, Blok P, Dusun Bumi Patih Harjo, dan Dusun Pasar. Pembagian obat dilakukan oleh kader Posyandu dan petugas Pustu itu sendiri," ungkapnya.

Obat pencegah penyakit kaki gajah diberikan untuk seluruh masyarakat se-Kecamatan Lubuk Raja dengan target penerima mencapai 4.600 jiwa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, Suharmasto melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Andi Prapto menambahkan pelaksanaan pembagian obat pencegah penyakit kaki gajah sudah dilakukan sejak 4 Oktober 2017.

"Pemberian obat massal pencegahan penyakit kaki gajah atau filariasis dilaksanakan saat Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) tahap ketiga dilakukan secara serentak di bulan ini hingga akhir Oktober 2017.

Menurut dia, jumlah penerima obat kaki gajah pada tahun ini ditargetkan mencapai 301.000 jiwa atau meningkat dibandingkan 2016 hanya sebanyak 299.000 orang yang menerima bantuan dari program pemerintah itu," katanya.

"Puskesmas di setiap kecamatan sudah kami intruksikan untun mendirikan pos pustu untuk tempat pelayanan pembagian obat kaki gajah. Bagi masyarakat yang belum mengambilnya silahkan datang langsung ke pustu di setiap desa," ujarnya.