Kontes batu akik digelar di Baturaja

id kontes, batu akik, batu, OKU Cup III, Sriwijaya Games Super League

Kontes batu akik digelar di Baturaja

Dokumentasi - Batu akik Baturaja (FOTO ANTARA Sumsel/14/Edo Purmana)

....Baturaja menjadi salah satu daerah di Indonesia penghasil batu akik yang berkelas, seperti batu akik jenis "Lavender" dengan corak warga ungu dan biru....
Baturaja, 15/10 (Antara) - Para penggemar batu akik atau batu cincin di seluruh Indonesia, khususnya di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu Sumatera Selatan akan menggelar kontes batu akik bertajuk "OKU Cup III Sriwijaya Games Super League".

Ketua Asosiasi Perbatuan Baturaja (APB) Ogan Komering Ulu (OKU), Yudi Risandi, di Baturaja, Minggu mengatakan, pameran dan kontes batu akik tersebut akan digelar di Baturaja, 9-12 November 2017.

Ia menjelaskan, lokasi kegiatan di Sanggar Kesenian Baturaja atau di Citi Mall. Pada saatnya nanti akan ada puluhan anjungan atau stand pameran yang dipersiapkan.

Sedangkan untuk kontes, peserta yang mendaftar 1.000-an lebih dari seluruh wilayah Indonesia.

Kontes batu akik ini sifatnya individu, jadi nanti dihitung akan ada lebih dari seribu batu akik yang dipamerkan, dan akan ada pula kelas tersendiri dilombakan.

Ia menuturkan, kontes dan pameran batu akik ini dalam rangka memberikan kesempatan kepada penggemar batu akik mengekspresikan kegemarannya selain menyalurkan hobi.

Batu akik ini sudah melekat dan menjadi budaya di kalangan masyarakat Indonesia. Di samping itu, Baturaja menjadi salah satu daerah di Indonesia penghasil batu akik yang berkelas, seperti batu akik jenis "Lavender" dengan corak warga ungu dan biru.

"Even ini pula mematahkan asumsi kalau pasar batu akik itu mati. Kami tekankan bahwa dunia perbatuan masih membara. Sangat tidak menutup kemungkinan, Baturaja nantinya menjadi tuan rumah salah satu seri Sriwijaya Games Super League (SGSL)," katanya.