Camat ubah lahan tidur jadi kebun buah-buahan

id camat peninjauan, lahan tidur, tanaman sayuran, tanaman buah, sayur, buah

Camat ubah lahan tidur jadi kebun buah-buahan

Dokumentasi - memetik buah oyong (FOTO ANTARA Sumsel/13/Feny Selly)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Camat Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Feri Iswan terus berupaya mengubah lahan tidur atau terbengkalai untuk dijadikan  kebun sayuran dan buah-buahan yang dikelola oleh warga setempat.

"Kami akan arahkan seluruh desa yang memiliki lahan kurang produktif atau lahan terbengkalai agar dimanfaatkan menjadi kebun sayuran dan buah-buahan," kata Feri di Baturaja, Minggu.

Upaya tersebut ternyata cukup berhasil dibuktikan bahwa  baru-baru ini dia ikut bersama warga melakukan panen raya sayuran di Desa Makartitama SP-5 yang sukses menyulap lahan kosong menjadi kebun sayuran.

Ia mengimbau agar mencontoh  warga Desa Makartitama SP5 karena mereka sukses menyulap lahan tidur menjadi kebun sayuran yang hasilnya sangat menggembirakan.

Panen raya itu, kata Feri, merupakan program unggulan Desa Makartitama dalam memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki desa untuk dilakukan budi daya tanaman sayuran hidroponik dan tanaman produktif lainnya guna mendukung kebutuhan sayuran masyarakat desa.

Sementara, kata dia, yang dipanen di kebun TP PKK Desa Makartitama berupa tanaman sayuran, di antaranya sawi, bayam, caisim, cabai, kangkung, terong, ubi dan lain-lain.

Ia memprakirakan masa tanam sekitar 40 hari yang berlokasi sekitar 50 meter di belakang kantor desa dan disamping rumah kepala desa setempat.

Selain tanaman sayuran juga ada kolam ikan budidaya ikan air tawar seperti ikan gurame, nila, mujair, bawal dan patin.

"Program ini sendiri merupakan pola kemitraan pihak desa dan TP PKK Desa Makartitama SP5 dengan Pertamina Talisman dalam upaya mendukung program kampung iklim (PROKLIM)," kata Feri.

Ia menambahkan, panen raya ini merupakan langkah awal positif bagi Desa Makartitama SP5 untuk memenuhi kebutuhan akan sayur¿mayur bagi keluarga yang diharapkan warga desa dapat berpola hidup sehat dengan mengkonsumsi sayuran dan ikan.