Tokopedia gandeng JNE kerja sama kanal pembayaran

id jen, pembayaran online, tokopedia, uang elektronik, kerja sama, belanja

Tokopedia gandeng JNE kerja sama kanal pembayaran

Tokopedia (Ist)

Jakarta (ANTARA Sumsel) - "Marketplace" Tokopedia menggandeng perusahaan pengiriman barang PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) dalam bentuk penyediaan kanal pembayaran transaksi belanja online di 200 kantor perwakilan JNE di Indonesia.

Co-Founder Tokopedia William Tanuwijaya dalam jumpa pers kerja sama tersebut di Jakarta, Senin, mengatakan dipilihnya JNE sebagai mitra pemberi layanan pembayaran adalah karena luasnya jaringan penyedia layanan pengiriman barang tersebut sama halnya dengan karakteristik "marketplace" yang penjual dan pembelinya tersebar di seluruh Indonesia.

"JNE telah menjadi mitra kami selama delapan tahun kami hadir. Gerai JNE yang ada di mana-mana, ini jadi potensi bagi mereka yang tidak punya akun bank untuk tetap bertransaksi online dengan melakukan pembayaran tunai di kantor JNE terdekat," katanya.

William menjelaskan kerja sama metode pembayaran di kantor perwakilan JNE diharapkan dapat mendukung Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) meski pembayaran di konter JNE masih tetap menggunakan uang tunai.

"Paling tidak kami mulai mengubah 'habit' (kebiasaan) masyarakat untuk melakukan transaksi online. Metode pembayaran ini juga kami yakini akan mudah diterima masyarakat. Semoga dengan ini masyarakat jadi ingin punya akun bank dan mendukung GNNT," katanya.

Presiden Direktur JNE Muhammad Feriadi, dalam kesempatan yang sama, menjelaskan di usia perusahaan yang akan menginjak 27 tahun pada 26 November mendatang, pihaknya ingin terus memberikan pelayanan optimal kepada pelanggan.

Menurut Feriadi, kerja sama dengan salah satu "markerplace" itu dilakukan untuk mengantisipasi pertumbuhan pasar "e-commerce".

"Ini kami lakukan karena 'e-commerce' berkembang dan perlunya memberikan kemudahan transaksi. Kami tadinya hanya kerja sama untuk pengantaran dan 'pick up' (penjemputan) kiriman, tapi sekarang masyarakat yang belanja di Tokopedia sudah bisa bayar belanjaannya di outlet kami," katanya.

Untuk dapat melakukan pembayaran di konter JNE, pembeli dapat melakukan transaksi belanja di Tokopedia seperti biasa.

Kemudian, saat akan masuk ke laman "Pilih Metode Pembayaran", pembeli dapat memilih pembayaran di gerai retail JNE di bagian paling bawah.

Setelah menyetujui syarat dan ketentuan yang disebutkan, pembeli tinggal menunggu kode pembayaran yang nantinya diserahkan ke gerai JNE saat melakukan pembayaran transaksi pembelian.

Pembayaran akan langsung terverifikasi sehingga proses pengiriman barang dapat segera dilakukan.