Peti kemas kembali jatuh menutup jalan akses PTC-Pusri

id macet, jalan macet, peti kemas jatuh, peti kemas tutup jalan, tronton tambak pembatas jalan, macet total

Peti kemas kembali jatuh menutup jalan akses PTC-Pusri

Kontainer peti kemas jatuh dari mobil tronton/trailer menimpa mobil pribadi akibatkan kemacetan parah akses Jalan R.Sukamto-Basuki Rahmad. (Foto Antarasumsel.com/17/Yudi Abdullah)

...Jangankan ada peti kemas yang jatuh dari tronton menutup jalan dan menimpa mobil, jika ada mobil mogok atau pecah ban langsung terjadi kemacetan...
Palembang  (ANTARA Sumsel) - Arus lalu lintas poros Jalan Basuki Rahmad - R Sukamto menuju mal Palembang Trade Center dan PT Pupuk Sriwidjaja mengalami kemacetan parah lebih dari dua kilometer, Selasa sejak pukul 12.00 WIB hingga sore hari akibat kontainer peti kemas jatuh dari mobil tronton.

Sebuah peti kemas dengan posisi menimpa satu unit mobil minibus pribadi Livina dengan nomor polisi BG 1751 DC menutupi satu ruas jalan di perempatan lampu merah akses jalan menuju mal Palembang Trade Center (PTC) dan PT Pusri akibat truk tronton/trailer dengan nomor polisi B 8007 VE pengangkut kontainer itu menambrak pembatas jalan dan muatannya peti kemas terjatuh ke tengah jalan.

Untuk mencegah terjadinya penumpukan kendaraan yang dapat mengakibatkan arus lalu lintas berhenti total, anggota polisi lalu lintas dari Polresta Palembang diturunkan di beberapa titik sepanjang Jalan Basuki Rahmad dan R Sukamto untuk mengatur lajunya kendaraan dan mengalihkan kendaraan ke jalur alternatif.

Salah seorang pengemudi kendaraan pribadi Riki Gunawan mengatakan, jalan tersebut merupakan jalur padat akses kendaraan umum serta angkutan barang dan truk peti kemas dari Pelabuhan Boom Baru ke jalur menuju ke luar kota Jalan Lintas Timur Sumatera Palembang-Lampung, jika terdapat hambatan pada salah satu ruas jalan yang memiliki dua jalur itu langsung terjadi kemacetan arus lalu lintas yang cukup panjang seperti sekarang ini.

"Jangankan ada peti kemas yang jatuh dari tronton menutup jalan dan menimpa mobil, jika ada mobil mogok atau pecah ban yang dibiarkan dipinggir jalan menutup sebagian ruas jalan tersebut, langsung terjadi kemacetan parah," ujarnya.

Kemacetan arus lalu lintas tersebut diperkirakan berlangsung cukup lama karena untuk memindahkan kontainer peti kemas yang menimpa mobil membutuhkan alat berat untuk mengangkat ke truk tronton.

Bagi masyarakat yang akan melintasi jalan tersebut diimbau untuk mencari jalan alternatif sehingga tidak terjebak kemacetan yang dapat menghilangkan waktu dan menghabiskan bahan bakar minyak kendaraan dan bisa memudahkan petugas mengatasi penyebab kemacetan itu, katanya.

Sementara sebelumnya sebuah peti kemas juga terlepas dari mobil tronton/trailer dengan nomor polisi B 9518 WX tergeletak di tengah Jalan Demang Lebar Daun, samping Rumah Sakit Bunda Palembang, pada Selasa (10/10) sekitar pukul 12.30 WIB.

Kanit Patroli Polresta Palembang Iptu Suwandi menjelaskan bahwa mobil trailer sudah diamankan sedangkan peti kemasnya tengah diupayakan dievakuasi menunggu alat berat, katanya.