Pembebasan lahan Tanjung Api Api diperluas

id PT Sriwijaya Mandiri, PT Sriwijaya Tanjung Carat , pembebasan lahan, kek, taa, pelabuhan taa, kawasan ekonomi khusus

Pembebasan lahan Tanjung Api Api diperluas

Dokumentasi - Gubernur Alex Noerdin ketika meresmikan Dermaga Penyeberangan Tanjung Api-Api di Kabupaten Banyuasin, pada 2013 (FOTO ANTARA Sumsel/Feny Selly)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Pembebasan lahan kawasan ekononi khusus Tanjung Api Api, Kabupaten Banyuasin,  Sumatera Selatan terus dimaksimalkan agar areal pembanguna dapat diperluas.

Dirut PT Sriwijaya Mandiri Sumsel  IG Surya Negara di Palembang, Rabu mengatakan, pihaknya yang diminta Gubernur Sumsel Alex Noerdin untuk mengelola areal Tanjung Api Api termasuk kawasan ekonomi khusus dalam jangka pendek  meneruskan pembebasan lahan sehingga pembangunan kawasan dapat dipercepat.

Dia mengatakan, sekarang pembebasan lahan sudah terlaksana sekitar 66,13 hektare sehingga programnya akan terus dilanjutkan.

Dalam pembebasan lahan itu  bekerja sama dengan pihak ketiga sehingga diharapkan  perluasan kawasan tersebut dapat secepatnya terlaksana.

Bahkan, lanjut dia, pihaknya telah menandatangi kerja sama dengan PT Sriwijaya Tanjung Carat dalam pengembangan kawasan tersebut.  Kawasan ekonomi khusus ini akan terintegrasi dengan Tanjung Carat sehingga arealnya semakin luas.

Pihaknya menargetkan Juni 2018 pembebasan lahan kawasan ekonomi khusus rampung. Kawasan ekonomi khusus menjadi andalan bagi Sumsel dalam meningkatkan perekonomian daerah, karena itu Gubernur Sumsel memperioritaskan kawasan tersebut dalam program pembangunan.

Pihaknya berharap dukungan semua pihak sehingga kawasan ekonomi khusus tersebut secepatnya dibangun sebaga kawasan pusat industri terpadu dan pintu gerbang ekspor dan impor Sumsel