Sumsel prioritaskan pencegahan kebakaran hutan

id kebakaran hutan, gubernur sumsel, alex noerdin

Sumsel prioritaskan pencegahan kebakaran hutan

Dokumentasi - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir melakukan pemadaman kebakaran lahan di Ogan Ilir (OI), Sumatera Selatan, Sabtu (2/9). (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/dol/17)

Palembang  (ANTARA Sumsel) - Pencegahan kebakaran hutan dan lahan masih menjadi program utama   bagi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan karena dampaknya cukup luas terutama bahaya terhadap kesehatan. .

"Jika terjadi kebakaran hutan bukan saja lahan menjadi gundul tetapi sangat berbahaya bagi kesehatan," kata Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Palembang, Kamis.

Oleh karena itu pihaknya mengutamakan pencegahan kebakaran hutan dan lahan supaya kabut asap tidak terjadi seperti pada 2015, ujarnya.

Menurut dia, memang dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan pihaknya melakukan berbagai upaya.
termsuk bantuan Badan Penanggulangan Bencana Nasional antara lain berupa heli bom air.

Kesemuanya itu dilakukan agar kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi seperti tahun sebelumnya, ujar   Alex.

Bahkan telah dibentuk Satgas pencehahan kebakaran hutan dan lahan yang dipimpin Danrem 044 Garuda Dempo Kolonel Inf Kunto Arief Wibowo.

Sementara Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Selatan Iriansyah mengatakan, dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan itu memaksimalkan posko,  rutin melaksanakan patroli baik darat maupun udara.

Bahkan juga membentuk kanal dalam pecegahan kebakaran hutan dan lahan tersebut, serta mengoptimalkan masyarakat  peduli api terutama di daerah rawan kebakaran hutan dan lahan.