Dukcapil selesai cetak 3.350 lembar KIA

id dukcapil, kia, kartu, kartu identitas anak, anak

Dukcapil selesai cetak 3.350 lembar KIA

Ilustrasi (ANTARA Sumsel/13/Feny Selly)

Baturaja  (ANTARA Sumsel) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan telah menyelesaikan proses pencetakan 3.350 lembar Kartu Identitas Anak untuk segera didistribusikan kepada yang berhak menerima.

"Hingga hari ini pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA) telah selesai kami kerjakan," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil OKU, Ajahari di Baturaja, Kamis.

Ia mengatakan, dalam waktu dekat KIA yang telah selesai dicetak itu akan segera dibagikan kepada seluruh anak calon penerima di kabupaten ini.

"Dalam waktu dekat seluruh anak yang telah didata akan mendapat KIA," katanya.

Dari data di Disdukcapil tercatat sebanyak 4.500 anak mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (Paud), TK dan pelajar jenjang SMP yang akan dibuatkan KIA.

"4.500 anak tersebut yang akan dibuatkan KIA berada di wilayah Kecamatan Baturaja Barat dan Baturaja Timur," jelasnya.

Ia mengemukakan, data tersebut diperoleh dengan melakukan jemput bola oleh Disdukcapil mendatangi seluruh sekolah mulai dari tingkat PAUD hingga SMP di wilayah itu guna mendata penerima KIA.

"Kami mendatangi langsung pihak sekolah guna mendata siswa yang akan menerima KIA," ungkapnya.

Sementara untuk sisa kartu yang belum selesai dicetak kata dia, akan menyusul penyelesaiannya karena saat ini masih dalam proses pembuatan dan ditargetkan selesai pada tahun ini.

"Untuk proses pencetakan kartu ini dikerjakan di Kantor Disdukcapil pada malam hari agar tidak mengganggu aktifitas perkantoran setempat," ungkapnya.

Menurut dia, KIA yang telah selesai dicetak itu akan dibagikan kepada seluruh siswa yang terdata mulai dari tingkat sekolah PAUD hingga SMP pada akhir Oktober ini.

"Pembagian KIA rencananya dilakukan secara serentak pada akhir bulan ini," katanya.